kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jokowi perkenalkan keberagaman Indonesia di KTT Wasathiyah Islam


Selasa, 01 Mei 2018 / 14:28 WIB
Jokowi perkenalkan keberagaman Indonesia di KTT Wasathiyah Islam
ILUSTRASI.


Sumber: Kompas.com | Editor: Dupla Kartini

KONTAN.CO.ID - BOGOR. Indonesia akan terus mengedepankan perdamaian dan persatuan, yang mengutamakan musyawarah, penuh toleransi dan kepercayaan, membawa keadilan sosial dan perdamaian abadi. 

Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo saat membuka Konsultasi Tingkat Tinggi Ulama dan Cendikiawan Muslim sedunia "Wasathiyah Islam untuk Peradaban Dunia" di Ruang Garuda, Istana Presiden Bogor, Jawa Barat, Selasa (1/5).

Dalam pidatonya di depan 100 ulama dan cendikiawan Muslim dunia, Jokowi memperkenalkan Indonesia sebagai negara demokrasi dengan penduduk Muslim terbesar di dunia. "Warga negara kami yang beragama Islam sekitar 210 juta dari total seluruh penduduk 250 juta," ujar Jokowi.

Ada 714 etnis dengan lebih dari 1.100 bahasa lokal, yang hidup tersebar di 17.000 pulau di Indonesia. Meski berbeda-beda, Jokowi menegaskan, warga negara Indonesia tetap bersatu. "Kami hidup di dalam keberagaman, berbeda agamanya, beragam suku dan beragam budaya," lanjut Jokowi.

"Kami bersyukur, alhamdulilah di dalam keberagaman itu, Indonesia mampu menjaga kebersamaan. Menjaga toleransi. Menjaga perdamaian dan menjaga persatuan," katanya.

Persatuan tersebut terbingkai melalui dasar negara Pancasila dan semboyan negara Bhinneka Tunggal Ika. Jokowi menambahkan, keberagaman adalah anugerah Allah yang harus dirawat serta dijaga, sebab, keberagaman menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang kuat.

"Sebagai bangsa yang majemuk, kami tidak boleh lengah sedikit pun. Indonesia akan terus mengedepankan perdamaian dan persatuan, yang mengutamakan musyawarah yang penuh toleransi dan kepercayaan, yang membawa keadilan sosial dan perdamaian abadi," ujar Jokowi.

Rencananya, KTT Wasithiyah Islam dilaksanakan selama tiga hari ke depan di Bogor, Jawa Barat. KTT itu dihadiri 100 lebih ulama dan cendikiawan Muslim se-dunia.

Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerja Sama Antaragama dan Peradaban Din Syamsudin mengatakan, konsultasi tingkat tinggi ini diharapkan dapat mendorong gerakan bersama Islam moderat di dunia sekaligus menyingkirkan wawasan Islam yang bersifat fundamentalis, ekstremis dan radikalis yang belakangan menyebabkan krisis peradaban.

"Memang tidak ada solusi bagi problematika peradaban dunia kecuali dengan wasathiyah Islam. Tidak terjebak pada radikalisme, fundamentalisme dan ekstremisme," kata Din. Rangkuman pertemuan ini akan diberi tajuk "Bogor Message" dan akan dipedomani para ulama dan cendikiawan Muslim sedunia. (Fabian Januarius Kuwado)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Buka KTT Wasathiyah Islam, Jokowi Perkenalkan Keberagaman Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×