kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Indonesia-Korea kerja sama susun sistem E-Gov


Senin, 27 November 2017 / 18:12 WIB
Indonesia-Korea kerja sama susun sistem E-Gov


Reporter: Anggar Septiadi | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kerja sama Indonesia dengan Korea Selatan tak hanya dari segi ekonomi maupun infrastruktur. Saat ini Korea Selatan juga sedang bantu Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) susun grand design electronic government (E-Gov).

Menpan RB Asman Abnur mengatakan dipilihnya Korea Selatan untuk membantu menyusun Grand Design E-Gov ini karena Negeri Ginseng tersebut merupakan negara yang memiliki peringkat E-Gov terbaik di dunia.

"Korea miliki sistem E-Gov terbaik di dunia. Pemerintah Korea bisa lakukan reformasi secara terpadu terkait pengelolaan SDM, dan pemanfaatan E-Gov," kata Asman dalam acara Korea-Indonesia Cooperation Forum on Public Administration, Senin (27/11) di Jakarta.

Kata Asman, implementasi E-Gov termasuk hal rumit lantaran tak hanya berkutat soal infrastruktur maupun teknologi melainkan juga soal manusia dan bisnis.

Oleh karenanya, meski sudah mulai mulai implementasi di Indonesia, sitem E-Gov belum optimal.

"Padahal manfaat dari E-Gov ini sangat banyak misalnya mencegah penyelewengan pejabat publik, meningkatkan layanan publik, efisien biaya, dan mengantisipasi perkembangan global," sambungnya.

Sementara itu turut hadir adalah Director General for International Administrative Cooperation Minister of Interior and Safety Korea Selatan Kim Chang Moo.

Kata Kim, kerja sama ini sejatinya telah dilaksanakan sejak tahun lalu, dimana telah dibentuk Public Adminitration Electronic Government Cooperation Center (PA-EGCC) sebagai lembaga kerja sama yang membantu Indonesia susun Grand Design E-Gov.

"Kami sangat senang dan terkesan dengan komitmen Indonesia yang akan menerapkan 100% E-Gov pada 2018," kata Kim dalam kesempatan yang sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×