kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45999,83   6,23   0.63%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Indef: Pembangunan infrastruktur daerah perlu pertimbangkan kebutuhan


Selasa, 21 Agustus 2018 / 23:26 WIB
Indef: Pembangunan infrastruktur daerah perlu pertimbangkan kebutuhan
ILUSTRASI. Kereta Pangrango jurusan Sukabumi-Bogor


Reporter: Abdul Basith | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pembangunan infrastruktur harus melihat kebutuhan dari daerah. Menyusul rencana pembangunan infrastruktur di Jawa Barat (Jabar) bagian Selatan.

"Pembangunan infrastruktur perlu melihat kebutuhan di daerah," ujar Direktur Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Enny Sri Hartati, Selasa (21/8).

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemhub) ingin membangun bandara di Sukabumi. Selain itu Kemhub juga akan merevitalisasi dua bandara, reaktivasi jalur kereta, serta membangun dua pelabuhan.

Hal itu untuk menunjang kebutuhan ekonomi di wilayah Jabar bagian selatan. Jabar bagian selatan dinilai memiliki potensi dalam bidang pertanian dan wisata.

Oleh karena itu pembangunan di bandara dinilai kurang tepat. Selain biayanya yang mahal, pemanfaatannya pun akan tidak maksimal.

"Untuk mengoptimalkan potensi menurut saya bukan bandara karena infrastruktur bukan untuk gagah-gagahan," terang Enny.

Beberapa daerah pun dinilai tidak dapat mengoptimalkan bandara yang ada. Enny mencontohkan bandara Husein Sastranegara di Bandung yang penggunaannya kurang optimal.

Pembangunan jalur rel kereta api dinilai lebih tepat untuk dilakukan. Selain untuk transportasi yang menarik wisatawan, kereta api juga dapat digunakan sebagai alat pengangkut logistik.

Kemhub juga akan melakukan reaktivasi tel kerta api. Jalur ganda hingga Sukabumi akan meningkatkan intensitas kereta Bogor ke Sukabumi.

"Kereta dari 6 kali jadi 15 kali," jelas Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi usai rapat koordinasi tentang percepatan pembangunan infrastruktur di Jabar bagian selatan.

Selain memperbanyak kereta, pembuatan jalur ganda juga akan menambah jumlah rangkaian. Dari sebelumnya 3 rangkaian akan menjadi 12 rangkaian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×