NASIONAL
Berita
Harga BBM naik bulan Juni

HARGA BBM BERSUBSIDI

Harga BBM naik bulan Juni


Telah dibaca sebanyak 1733 kali
Harga BBM naik bulan Juni

JAKARTA. Pemerintah berencana menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi mulai Juni 2013. Selain untuk mengurangi beban subsidi energi, kenaikan harga BBM bersubsidi ini juga dilakukan untuk memperbaiki struktur pemberian subsidi agar lebih tepat sasaran.  

Menteri Keuangan Chatib Basri mengungkapkan, struktur subsidi energi yang ada sekarang lebih banyak dinikmati oleh kelompok menengah ke atas. Setidaknya sekitar 90% dari total subsidi dinikmati oleh mobil pribadi dan sepeda motor. Makanya, struktur ini yang harus dialihkan dari kelas menengah ke atas ke kelas menengah ke bawah.

Makanya, Chatib bilang pemerintah akan menaikkan harga BBM bersubsidi jenis premium sebesar Rp 2.000 per liter menjadi Rp 6.500 per liter, dan BBM bersubsidi jenis solar sebesar Rp 1.000 per liter menajdi Rp 5.500 per liter. "Harga BBM rencananya naik per Juni 2013, tapi tanggalnya nanti tergantung (keputusan) Presiden," jelas Chatib dalam rapat dengan Banggar DPR Rabu (22/5).

Catatan saja, jika pemerintah tak mengambil kebijakan apapun, subsidi energi bisa membengkak menjadi Rp 297,7 triliun. Nah, dengan adanya kebijakan kenaikan harga BBM bersubsidi, maka anggaran subsidi energi dalam usulan RAPBNP 2013 bisa ditekan menjadi Rp 209,9 triliun.

alam APBN 2013 pemerintah menetapkan kuota BBM bersubsidi sebesar 46 juta kilo liter. Nah, di dalam RAPBNP 2013 kuota BBM bersubsidi naik menjadi 48 juta kilo liter. Angka ini sebenarnya masih lebih rendah ketimbang prediksi konsumsi BBM tahun ini yang bisa melampaui 50 juta kilo liter.

Kenaikan harga BBM bersubsidi tentu saja bakal berdampak pada inflasi. Dalam RAPBNP 2013 pemerintah mengusulkan asumsi inflasi sebesar 7,2%. Angka ini jauh lebih tinggi ketimbang asumsi dalam APBN 2013 yang sebesar 4,9%.

Editor: Amal Ihsan
Telah dibaca sebanyak 1733 kali



Syarat & Ketentuan Komentar :
  1. Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul.
  2. Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan kekerasan.
  3. Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.
  4. KONTAN memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus komentar yang bertentangan dengan ketentuan ini.

LIPSUS

LIPSUS Update

  • DJP minta caleg dan capres transparan data pajak

    +

    Pemilihan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan presiden baru sebentar lagi mewarnai tahun 2014

    Baca lebih detail..

  • Akbar Tandjung siap jadi cawapres Jokowi

    +

    Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar Akbar Tandjung menyatakan siap maju sebagai bakal calon wakil presiden, termasuk berpasangan dengan Joko Widodo

    Baca lebih detail..