kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gerindra menjadi partai politik yang paling banyak dipilih oleh anak muda


Senin, 22 Maret 2021 / 09:09 WIB
Gerindra menjadi partai politik yang paling banyak dipilih oleh anak muda
ILUSTRASI. Seorang simpatisan Partai Gerindra melakukan aksi dengan memakai topeng burung garuda saat berkampanye


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gerindra menjadi partai politik yang paling banyak dipilih oleh anak muda seandainya pemilihan anggota legislatif digelar saat ini. Setelah Gerindra, PDI Perjuangan sebagai partai di urutan kedua yang paling banyak dipilih generasi muda.

Hal ini berdasar temuan survei lembaga Indikator Politik Indonesia yang dirilis Minggu (21/3/2021).

"Dari mereka yang menyatakan punya preferensi, 16 % anak muda itu memilih Gerindra, 14,2 % memilih PDI Perjuangan. Bedanya tidak signifikan secara statistik," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam rilis survei secara daring.

Setelah PDI-P, Golkar dan PKS sama-sama menempati urutan ketiga dengan perolehan angka 5,7 %. Kemudian, Demokrat 5,3 %, Nasdem 2,8 %, dan PKB 2,7 %.

Baca Juga: Survei terbaru Indikator: Anies paling banyak dipilih anak muda untuk jadi presiden

Selanjutnya secara berurutan dengan perolehan angka di bawah 2 % yakni PAN, PPP, PSI, Berkarya, Perindo, Hanura, PBB, Garuda, PKPI, dan Gelora.

Kendati demikian, Burhanuddin mengatakan, mayoritas anak muda memilih tidak menjawab atau menjawab tidak tahu terkait partai politik pilihan mereka. "Ada 42 % yang belum tahu siapa, pilihan partai mana yang akan dipilih," ujar dia. 

Survei ini digelar Maret 2021 dan melibatkan 1.200 responden berusia 17-21 tahun. Sebanyak 1.200 responden dipilih secara acak dari kumpulan sampel acak survei tatap muka langsung yang dilakukan Indikator Politik Indonesia pada rentang Maret 2018 hingga Maret 2020.

Survei dilakukan melalui telepon dan memiliki toleransi kesalahan atau margin of error kurang lebih sebesar 2,9 %. (Fitria Chusna Farisa)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Survei Indikator: 16 % Anak Muda Pilih Gerindra, 14,2 % PDI-P, 42 % Belum Tahu"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×