kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45882,93   -5,57   -0.63%
  • EMAS933.000 -0,43%
  • RD.SAHAM -0.64%
  • RD.CAMPURAN -0.17%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Survei terbaru Indikator: Anies paling banyak dipilih anak muda untuk jadi presiden


Senin, 22 Maret 2021 / 06:09 WIB
Survei terbaru Indikator: Anies paling banyak dipilih anak muda untuk jadi presiden
ILUSTRASI. Survei Indikator menunjukkan, dari 17 nama, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendapat perolehan angka tertinggi sebagai tokoh yang dipilih anak muda untuk menjadi presiden. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/hp.

Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Survei terbaru tentang suara anak muda terhadap isu sosial politik bangsa baru saja dirilis oleh Lembaga Indikator Politik Indonesia. Survei salah satunya menanyakan soal tokoh yang dipilih anak muda untuk menjadi presiden. 

Dari 17 nama, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendapat perolehan angka tertinggi. "Secara umum tidak ada nama yang dominan, tetapi di antara 17 nama yang paling tinggi secara absolut itu Anies Baswedan di angka 15,2%," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, dalam rilis survei secara daring, Minggu (21/3/2021). 

Setelah Anies, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga mendapat perolehan angka tinggi mencapai 13,7%. Menyusul di posisi ketiga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan 10,2%. Selanjutnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menempati peringkat keempat dengan 9,8%. 

Di posisi kelima yakni Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dengan 9,5%, dan di ranking 6 yaitu Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan 4,1%. 

Baca Juga: Prabowo dan Anies Baswedan raih elektabilitas tertinggi sebagai capres

"Bedanya tidak signifikan," ujar Burhanuddin. 

Peringkat 7 hingga 17 ditempati oleh sejumlah nama, tetapi dengan perolehan angka di bawah 2%. Mereka yakni Erick Thohir, Tito Karnavian, Puan Maharani, Gatot Nurmantyo, dan Khofifah Indar Parawansa. Lalu, ada Ma'ruf Amin, Budi Gunawan, Bambang Soesatyo, Airlangga Hartarto, Mahfud MD, serta Muhaimin Iskandar. 

Dalam periode yang sama, survei juga menanyakan pilihan anak muda terhadap partai politik. Dari 17 partai, Gerindra mendapat perolehan angka tertinggi yakni 16,0%. Menyusul kemudian PDI Perjuangan dengan 14,2%, Golkar dan PKS dengan 5,7%, Demokrat 5,3%, Nasdem 2,%, dan PKB 2,7%. 

Baca Juga: Pilkada DKI tetap tahun 2024, Istana bantah isu jegal Anies dan calonkan Gibran

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Menagih Utang Itu Mudah Batch 5 Data Analysis & Visualization with Excel Batch 3

[X]
×