kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ekonom CORE sebut peningkatan aktivitas ekonomi dorong peningkatan keyakinan konsumen


Kamis, 08 April 2021 / 21:54 WIB
Ekonom CORE sebut peningkatan aktivitas ekonomi dorong peningkatan keyakinan konsumen
ILUSTRASI. Penjualan Ritel Menanjak: Pengunjung memasuki sebuah pusat perbelanjaan di Jakarta,


Reporter: Bidara Pink | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Danareksa Research Institute (DRI) mencatat adanya peningkatan keyakinan konsumen di bulan Maret 2021. Ini terlihat dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Maret 2021 yang naik 0,1% mom dari 74,8 menjadi 74,9 pada bulan tersebut.

Ekonom Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Yusuf Rendy mengatakan, perbaikan keyakinan konsumen salah satunya disebabkan tak lepas dari mulai meningkatnya aktivitas ekonomi.

“Seperti, permintaan barang dan jasa yang meningkat, lalu ada peningkatan impor yang juga seiring peningkatan aktivitas industri manufaktur,” kata Yusuf kepada Kontan.co.id, Kamis (7/4).

Bila aktivitas ekonomi ini bisa dipertahankan dan bahkan bisa kembali meningkat, maka ke depan akan menambah kepercayaan masyarkat, terutama ekspektasi akan prospek ekonomi ke depan.

Tak hanya itu, saat ini pun terlihat kasus aktif Covid-19 makin melandai, pun beberapa perusahaan sudah mulai mengurangi pemutusan hubungan kerja (PHK), dan bahkan ada beberapa yang sudah mulai membuka lowongan pekerjaan.

Baca Juga: Survei DRI: Keyakinan konsumen bulan Maret 2021 meningkat

“Bila ini terus berlanjut, maka tentu akan berdampak pada proses pemulihan ekonomi,” tambah Yusuf.

Meski memang kepercayaan konsumen meningkat, tetapi ini masih belum ada di zona optimistis atau indeks di atas 100. Nah, Yusuf melihat kepercayaan konsumen baru akan kembali ke zona optimistis pada semester II tahun ini.

Menurutnya, upaya mendorong IKK ini juga akan sangat sensitif terhadap upaya pemulihan ekonomi dan juga stimulus yang disalurkan oleh pemerintah dan juga perkembangan Covid-19.

“Kecepatan penyaluran bantuan pemerintah tidak boleh terlewatkan. Sementara upaya pemulihan ekonomi juga akan sangat bergantung pada penanganan Covid-19 baik itu pencegahan maupun pada tahap vaksinasi,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×