kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45882,93   -5,57   -0.63%
  • EMAS933.000 -0,43%
  • RD.SAHAM -0.64%
  • RD.CAMPURAN -0.17%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Survei DRI: Keyakinan konsumen bulan Maret 2021 meningkat


Kamis, 08 April 2021 / 17:22 WIB
Survei DRI: Keyakinan konsumen bulan Maret 2021 meningkat
ILUSTRASI. Indeks keyakinan konsumen (IKK) bulan Maret 2021 naik berdasarkan survei Danareksa Research Intitute (DRI)

Reporter: Bidara Pink | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Danareksa Research Intitute (DRI) melihat adanya peningkatan keyakinan konsumen pada bulan Maret 2021. Berdasarkan survei lembaga tersebut, ini tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Maret 2021 yang naik 0,1% mom menjadi 74,9. 

Kepala ekonom DRI Moekti P. Soejachmoen mengatakan, peningkatan keyakinan konsumen ini didorong oleh peningkatan salah satu komponen pendukung IKK, yaitu Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK). 

“IEK meningkat 0,8% mom menjadi 100,7. Konsumen nampak positif akan ekspektasi ketersediaan lapangan kerja,” ujar Moekti dalam keterangan yang diterima Kontan.co.id, Rabu (6/4). 

Terperinci, keyakinan konsumen akan ekspektasi ketersediaan lapangan kerja nampak meningkat 6,3% mom menjadi 34,3. Ini seiring dengan adanya program vaksinasi yang digulirkan pemerintah. 

Tak hanya itu, ada angin segar yang berhembus dari industri pengolahan, di mana  kinerja industri pengolahan mencatat kinerja ekspansi pada bulan Maret 2021, membuat masyarakat semakin yakin akan ketersediaan lapangan kerja di depan. 

Baca Juga: Pertumbuhan ekonomi kuartal I-2021 diprediksi masih negatif, bangkit di kuartal II

Adanya proyek yang di helat oleh pemerintah, khususnya di sektor infrastruktur, juga meningkatkan optimisme konsumen terhadap kondisi lapangan kerja Indonesia, khususnya di daerah. 

Namun, pertumbuhan kepercayaan konsumen terhambat oleh komponen Indeks Kondisi Ekonomi (IKE) Saat Ini pada bulan tersebut yang turun 2,1% mom ke 40,4. 

Menurunnya kepercayaan konsumen akan kondisi ekonomi saat ini tak lepas dari peningkatan kasus Covid-19 di sejumlah daerah. Tak hanya itu, konsumen masih khawatir akan potensi kehilangan pekerjaan saat ini, juga peningkatan harga makanan. 

 

Selanjutnya: Pemerintah masih optimistis ekonomi kuartal kedua 2021 bisa tumbuh hingga 8%

 

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Menagih Utang Itu Mudah Batch 5 Data Analysis & Visualization with Excel Batch 3

[X]
×