: WIB    —   
indikator  I  

Baru 25 parpol mendaftar lewat Sipol

Baru 25 parpol mendaftar lewat Sipol

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Empat hari lagi, pendaftaran partai politik yang berminat ikut dalam Pemilu 2019 segera ditutup. Hingga saat ini sudah ada 25 partai yang mengisi kelengkapan data dalam Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) milik Komisi Pemilihan Umum (KPU). 

"Dari 30 partai politik yang sudah diberikan akses, dalam artian mengajukan surat tentang siapa adminnya itu 30 partai, sampai saat ini yang sudah mendaftar sudah 25 partai," kata Komisioner KPU Hasyim Asy'ari usai menerima pendaftaran Partai Hanura di Gedung KPU, Kamis (12/10). Namun, Hasyim enggan merinci nama lima parpol lainnya.

Sipol ini mengintegrasi seluruh data pemilu yang harus dilengkapi oleh parpol.Untuk persentase pengisian Sipol menurut Hasyim saat ini sudah mencapai 75%. Artinya, pengisian data oleh parpol yang mendaftar di Sipol sudah hampir lengkap. 

Dibandingkan dengan tahun 2012, KPU mengatakan beban kerja tidak jauh berbeda karena yang dilakukan penelitian juga sama yakni dari segi kelengkapan dokumen. Bedanya, distribusi pekerjaan saat lima tahun lalu semua dokumen dipusatkan di KPU pusat. Sekarang, dokumen data anggota dan salinan KTA/KTP di kabupaten/kota.

Berdasarkan pantauan Kontan, hingga saat ini sudah ada empat partai yang mendaftar ke KPU di antaranta Partai Perindo, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), PDI-P, dan Partai Hanura. Untuk saat ini baru berkas dari Partai Perindo yang berhasil diverifikasi. 

Sementara untuk PSI dan PDIP masih harus melakukan perbaikan dokumen untuk melengkapi persyaratan yang dibutuhkan oleh KPU. Rencananya Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akan mendaftar Jumat besok.

 

 


Reporter Cecylia Rura
Editor Sanny Cicilia

PEMILU 2019

Feedback   ↑ x
Close [X]