kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Argentina akan impor buah-buahan dari Indonesia


Selasa, 23 Juli 2019 / 12:18 WIB
Argentina akan impor buah-buahan dari Indonesia


Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Argentina telah menyetujui akan mengimpor buah-buahan seperti mangga, pisang, manggis, nanas dan salak dari Indonesia. Tak hanya mengimpor buah, pemerintah Argentina pun berkomitmen akan menambah volume impor CPO dari Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan dalam kunjungan Menteri Pertanian Amran Sulaiman di Istana Kepresidenan di Buenos Aires, Senin (22/7). Ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Presiden Argentina Mauricio Macri di Istana Bogor pada  26 Juni 2019 lalu.

“Ini adalah saat bersejarah bagi pertanian Indonesia. Akses pasar bagi produk petani kita diberikan langsung Presiden Argentina pada Menteri Pertanian. Kami akan maksimalkan peluang ini agar kesejahteraan petani meningkat,” ujar Amran dalam keterangan tertulisnya, Selasa (23/7).

Dalam pertemuan kali ini, Indonesia dan Argentina pun sepakat untuk bekerja sama mengembangkan teknologi pertanian, yaitu dryer, silo, dan mekanisasi pengolahan hasil pertanian.

Persetujuan tersebut akan diawali dengan penandatangan perjanjian kedua belah pihak, antara Menteri Pertanian Indonesia dan Menteri Agroindustri Argentina, yang direncanakan akan dilaksanakan di Jakarta pada bulan September 2019 yang akan datang.

Kedua pemerintah berkomitmen meningkatkan kerjasama perdagangan bidang pertanian yang saling menguntungkan dan seimbang. Karena itu pemerintah kedua negara akan mendorong dan mamfasilitasi sektor swasta untuk mewujudkan hal tersebut dalam waktu dekat.

Dengan perjanjian tersebut, volume dan nilai perdagangan kedua negara dapat ditingkatkan secara signifikan dalam tahun berikutnya.

Amran menjelaskan, pertemuan di Argentina ini bertujuan untuk menggenjot kerja sama pertanian dengan Pemerintah Argentina. Indonesia dianggap memiliki potensi besar memasok produk-produk hortikultura. Argentina adalah salah satu pasar non-tradisional yang diakses agar pertanian menghasilkan devisa lebih besar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×