kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Anniesa Hasibuan disebut gunakan uang jemaah First Travel beli berlian dan tas mewah


Senin, 19 Februari 2018 / 16:03 WIB
Anniesa Hasibuan disebut gunakan uang jemaah First Travel beli berlian dan tas mewah
ILUSTRASI. SIDANG PERDANA FIRST TRAVEL


Sumber: Kompas.com | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - DEPOK. Anniesa Hasibuan, Direktur First Travel dikenal memiliki gaya hidup yang glamor.

Ia merupakan salah satu desainer ternama yang membuat harum nama Indonesia di acara New York Fashion Week (NYFW). Tak heran keseharian Anniesa penuh gaya yang berkelas tinggi.

Penampilannya yang mewah juga kerap dibagikan Anniesa melalui akun Instagramnya. Di akun media sosialnya, ia juga memamerkan tas-tas mahal.

Ternyata, beberapa tas tersebut dibeli Anniesa dari uang setoran calon jamaah First Travel.

Berdasarkan surat dakwaan, ada beberapa tas mewah yang dibeli Anniesa.

"Pembelian tas mewah merk Gucci, Furla, dan Louis Vuitton," ujar jaksa Heri Jerman saat membacakan dakwaan di Pengadilan Negeri Depok, Senin (19/2).

Tas Gucci yang dibeli Anniesa seharga Rp 18 juta, Furla seharga Rp 24 juta, dan Louis Vuitton seharga Rp 30 juta.

Selain itu, ada pula transfer valuta asing ke bank asing HSBC Hongkong atas nama World Fashion Week LTD sebesar Rp 258.090.030.

Jaksa Heri mengatakan, Anniesa juga membeli sebuah cincin berlian pada 2016. Cincin tersebut diperkirakan harganya Rp 150 juta hingga Rp 200 juta.

PT First Travel menawarkan paket promo umrah murah seharga Rp 14,3 juta. Mereka menjanjikan calon jamaah akan diberangkatkan satu tahun setelah pembayaran dilunasi.

Namun, pada kenyataannya, hingga dua tahun berlalu para korban tak kunjung diberangkatkan.

Calon jamaah yang mendaftar dan membayar lunas paket tersebut sebanyak 93.295 orang. Total uang yang didapatkan dari jumlah tersebut lebih dari Rp 1 triliun.

Dari jumlah tersebut, First Travel telah memberangkatkan puluhan ribu jamaah sehingga tersisa 63.310 calon jamaah yang terlantar. Dari uang Rp 1 triliun itu ada yang telah dibayarkan untuk memberangkatkan jamaah umrah.

Uang tersebut juga digunakan untuk membayar gaji karyawan, membayar fee agen, hingga untuk kepentingan pribadi lainnya. Dengan demikian, tersisa Rp 905.333.000.000 yang merupakan uang dari 63.310 calon jamaah yang belum diberangkatkan. (Ambaranie Nadia Kemala Movanita)


Berita ini sudah dipublikasikan Kompas.com dengan judul: Dengan Uang Calon Jamaah Umrah, Anniesa Hasibuan Beli Cincin Berlian dan Tas Mewah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×