CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Wah, valuasi unicorns global sudah setara PDB Indonesia


Kamis, 15 Agustus 2019 / 14:29 WIB
Wah, valuasi unicorns global sudah setara PDB Indonesia
ILUSTRASI. Ilustrasi belanja online

Reporter: Grace Olivia | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perkembangan ekonomi digital semakin besar dan pesat, baik secara global maupun di dalam negeri. Bukan hanya jumlah perusahaan digital yang makin banyak, nilai pasar atau valuasi perusahaan-perusahaan tersebut juga makin jumbo.

Secara global,  Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) mencatat, valuasi kumulatif seluruh unicorns mencapai sekitar US$ 1,038 miliar.

Baca Juga: Yuk, intip siapa-siapa saja pemegang saham dari Gojek

“Nilai ini kira-kira hampir setara dengan keseluruhan perekonomian Indonesia,” ujar Direktur Industri, Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif Bappenas Leonardo Teguh Sambodo, Kamis (15/8).

Laju pertumbuhan perusahaan rintisan (start-up) bervaluasi di atas US$ 1 miliar tersebut juga tidak menunjukkan tanda-tanda menurun. Sedikitnya 50 start-up diproyeksikan akan mencapai status unicorn dalam lima tahun ke depan secara global.

Seperti diketahui, Asia Tenggara merupakan wilayah dengan unicorn terbanyak di kawasan Asia, setelah China dan India. Indonesia menyumbang empat unicorn, yaitu Gojek, Traveloka, Tokopedia, dan Bukalapak.

Teguh menyatakan jumlah usaha di Indonesia yang bergerak dalam sektor ekonomi digital terus bertumbuh. Berdasarkan data Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia (MIKTI) dan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) yang dikutip Bappenas, setidaknya ada 992 start-up yang berkembang di Indonesia. 

Baca Juga: BKPM mencatat investasi di sektor pertambangan terus merosot




TERBARU

Close [X]
×