kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45770,66   21,15   2.82%
  • EMAS904.000 -1,74%
  • RD.SAHAM 1.15%
  • RD.CAMPURAN 0.62%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.32%

Waduh, sudah 13 petinggi BUMN era Rini Soemarno yang tersandung kasus


Kamis, 12 Desember 2019 / 06:59 WIB
Waduh, sudah 13 petinggi BUMN era Rini Soemarno yang tersandung kasus
ILUSTRASI. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir (kanan). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/ama.

Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri BUMN Erick Thohir langsung tancap gas membenahi perusahaan-perusahaan negara, sejak dilantik pada 23 Oktober 2019 lalu. Mantan Presiden Inter Milan ini melakukan berbagai perombakan, baik di dalam Kementerian BUMN, maupun perusahaan-perusahaan BUMN.

Teranyar, dalam kasus penyelunduran motor gede (moge) Harley Davidosn dan sepeda lipat Brompton, Erick memberhentikan 4 direksi yang terlibat dalam penyelundupan barang mewah ilegal tersebut. Skandal itu melibatkan Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara.

Baca Juga: Pengangkatan komisaris BTN tidak sesuai ketentuan?

Tiga direksi lainnya yang terlibat, yaitu Direktur Teknik dan Layanan Iwan Joeniarto, Direktur Kargo dan Pengembangan Usaha Mohammad Iqbal, dan Direktur Human Capital Heri Akhyar.

Kasus yang menimpa direksi Garuda ini mengingatkan pada pejabat tinggi BUMN lainnya di era Rini Soemarno. Dirangkum Kompas.com, selain kasus yang terjadi pada Ari Askhara dan sejawatnya di Garuda, tercatat total ada sembilan direksi BUMN yang berurusan dengan hukum.

Baca Juga: Erick Thohir disebut punya proyek di Garuda, begini cerita lengkapnya

Keterlibatan empat direksi Garuda Indonesia dalam kasus penyelundupan, menambah daftar panjang petinggi BUMN era Rini Soemarno yang tersangkut masalah. Kesembilan direksi BUMN tersebut tersangkut kasus korupsi yang ditangani KPK. Beberapa bahkan ditangkap dalam operasi tangkap tangan.

Mereka adalah Dirut PT INTI Darman Mappangara, Dirut PT PLN Sofyan Basir, Dirut PT PAL Indonesia M Firmansyah Arifin, dan Dirut Jasindo Budi Tjahjono. Kemudian Dirut Perum Perindo Risyanto Suanda, Direktur Teknologi dan Produksi PT Krakatau Steel Wisnu Kuncoro, Direktur Keuangan PT Angkasa Pura II Andra Y Agussalam.

Baca Juga: Erick Thohir siap pecat pegawai Garuda yang terlibat pelecehan perempuan

Nama lain yang berkasus dengan KPK yakni dua direksi dari BUMN perkebunan yakni Dolly Pulungan Dirut PTPN III, dan I Kadek Kertha Laksana Direktur Pemasaran PTPN III.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Duh, Sudah 13 Petinggi BUMN Era Rini Soemarno yang Tersandung Kasus"
Penulis : Muhammad Idris
Editor : Bambang Priyo Jatmiko

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×