kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tinjau Pantai So Long, Jokowi: Banyuwangi paling siap menuju new normal


Kamis, 25 Juni 2020 / 20:51 WIB
Tinjau Pantai So Long, Jokowi: Banyuwangi paling siap menuju new normal
Presiden Joko Widodo meninjau pantai di Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (25/6/2020).


Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) yakinkan kesiapan Kabupaten Banyuwangi dalam memasuki kenormalan baru. Hal itu ia sampaikan setelah melihat secara langsung prakondisi wilayah tersebut. Menurutnya, Banyuwangi merupakan salah satu daerah yang paling serius membenahi sektor pariwisata di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

"Saya melihat di lapangan Banyuwangi adalah daerah yang paling siap menyiapkan prakondisi menuju normal baru," ujar Jokowi dalam siaran pers, Kamis (25/6).

Baca Juga: Jokowi tinjau pasar pelayanan publik di Banyuwangi

Jokowi mengungkapkan nantinya dapat kembali bergerak. Sehingga perlu memastikan keamanan serta keselamatan para pengunjungnya.

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dinilai tidak main-main dalam mematuhi protokol kesehatan di sektor pariwisata. Sejumlah upaya dilakukan untuk menjalankan hal itu seperti salah satunya penerapan teknologi yang dapat mengatur kapasitas destinasi wisata.

Wisatawan yang nantinya akan mengunjungi satu destinasi tertentu diharuskan untuk memesan tiket secara online. Nantinya sistem secara otomatis akan langsung menghentikan proses apabila kapasitas destinasi tersebut telah mencapai batas kunjungan sesuai protokol jaga jarak aman.

Pemerintah setempat juga melakukan sertifikasi dan uji kompetensi protokol kesehatan bagi para pemandu wisata dengan melibatkan para ahli kesehatan. Para pemandu juga akan dilatih secara khusus mengenai protokol kesehatan.

Baca Juga: Fokus tangani corona di Jawa Timur Jokowi bawa rombongan dan puji Walikota Madiun

sektor pariwisata di Banyuwangi juga melibatkan dan memberi porsi kepada masyarakat setempat untuk turut bergerak mendukung sektor pariwisata. Di kabupaten tersebut, hotel bertaraf serupa bintang tiga ke bawah seperti rumah singgah perizinannya hanya diperuntukkan bagi rakyat kecil.

"Hotel-hotel misalnya bintang tiga ke bawah semuanya diberikan pada rakyat, yang bintang empat lima dan seterusnya diberikan kepada investor," terang Jokowi.

Jokowi mendukung penuh apa yang dilakukan pemerintah Kabupaten Banyuwangi dalam menggerakkan sektor pariwisatanya. Utamanya dalam hal prakondisi menuju adaptasi kebiasaan baru. "Nantinya saat timing yang tepat dibuka kembali, masyarakat terutama sektor pariwisatanya betul-betul sudah siap," tandasnya.

Turut mendampingi Presiden saat meninjau Pantai So Long antara lain, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md., Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×