kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45991,58   -19,63   -1.94%
  • EMAS957.000 -0,42%
  • RD.SAHAM -1.52%
  • RD.CAMPURAN -0.63%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Tingkatkan pelayanan, Korlantas Polri optimalkan pemanfaatan TI


Selasa, 24 November 2020 / 22:01 WIB
Tingkatkan pelayanan, Korlantas Polri optimalkan pemanfaatan TI
ILUSTRASI. Tingkatkan pelayanan, Korlantas Polri optimalkan pemanfaatan TI.


Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Korlantas Polri menyelenggarakan IT Road Safety Expo 2020, mulai Selasa (24/11/2020), di Aula Djajoesman, Korlantas Polri, Jakarta yang dibuka langsung oleh Kapolri Jenderal Pol Idham Azis melalui layar virtual.

IT Road Safety Expo 2020 perdana dengan tema “Standardisasi dan Integrasi Sistem TI Korlantas Polri”, akan berlangsung selama tiga hari 24-26 November 2020 dan dilaksanakan dengan penerapan protokol Covid-19 ketat. Melalui kegiatan ini, Korlantas Polri menampilkan pemanfaatan TI secara optimal untuk meningkatkan layanan yang prima kepada masyarakat. 

Kapolri Jenderal Pol. Idham Azis mengatakan perkembangan kehidupan masyarakat yang sangat cepat menjadikan permasalahan lalu lintas dan angkutan jalan makin kompleks dan dinamis. Untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas Indonesia, maka Polri melakukan upaya peningkatan dengan modernisasi sistem teknologi informasi secara berkelanjutan.

Baca Juga: Penjualan Indofarma (INAF) melonjak 28%, tapi masih membukukan rugi

“Selaku pimpinan Polri saya sangat mengapresiasi jajaran Korlantas Polri atas inisiatif dan langkah-langkah nyata dalam mengembangkan sistem teknologi dan informasi. Hal ini harus terus dilakukan secara optimal sehingga tercipta budaya aman dan tertib berlalu lintas masyarakat,” kata dia dalam keterangannya, Selasa (24/11).

Sementara Kakorlantas Polri Irjen Irjen Pol Istiono menyebut bahwa pembangunan IT di road safety dalam bentuk back office, aplikasi, dan network yang berbasis artificial intellegent dan internet of things merupakan langkah nyata Korlantas dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

“Tentunya ini mempermudah pelaksanaan tugas Korlantas. Dan program road safety policing ini disiapkan sebagai langkah terobosan kreatif penjabaran kebijakan Kapolri pada fungsi lalu lintas yang berbasis teknologi untuk terbangunnya big data dan one gate service,” ujar dia.

Kakorlantas menjelaskan bahwa sistem jaringan yang dibangun dan dioperasionalkan dalam road safety policing merupakan sistem back office, aplikasi dan network untuk mendukung program inisiatif anti korupsi, reformasi birokrasi, dan mewujudkan pelayanan prima yang memenuhi standar cepat, tepat, akurat, transparan, akuntabel, informatif, dan mudah diakses.

“Di masa pandemi ini kami juga sangat mendorong inovasi-inovasi pelayanan publik yang berbasis IT. Kita juga melakukan langkah-langkah terobosan untuk mengurangi kerumunan orang datang ke tempat lokasi pelayanan dan ini sangat membantu sesuai kondisi saat ini yaitu memenuhi prokol kesehatan Covid-19. 

Baca Juga: Satgas Covid-19 Wiku: Libur akhir tahun bisa loncatkan kasus corona 3 kali lipat

“Kegiatan IT Road Safety Expo merupakan suatu upaya Korlantas dalam mengimplementasikan E-policing atau elektronik policing sebagai model pemolisian di era revolusi industri 4.0 atau era digital,” ujar Dirkamsel Korlantas Polri Brigjen Pol. Chryshnanda. 

Ia menjelaskan, pengembangan sistem informasi terpadu sebagai basis dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat jadi  hal yang harus dilakukan. 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Sukses Berkomunikasi dengan Berbagai Gaya Kepribadian Managing Procurement Economies of Scale Batch 7

[X]
×