kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45907,57   4,24   0.47%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tiga properti pejabat bea cukai di Serpong disita


Senin, 04 November 2013 / 22:55 WIB
Tiga properti pejabat bea cukai di Serpong disita
ILUSTRASI. Jahe merah.


Reporter: Hendra Gunawan | Editor: Hendra Gunawan

JAKARTA. Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri melakukan penyitaan dan pemblokiran terhadap sejumlah harta terkait kasus suap di Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.

Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri Brigjen Pol Arief Sulistyanto menjelaskan bahwa pihaknya sudah menyita beberapa properti atas nama tersangka Heru Sulastyono yang merupakan mantan Kepala Sub Direktorat Ekspor Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.

Tanah dan Bangungan seluas 240 meter persegi di Lengkong, Serpong, tanah seluas 709 meter persegi di Serpong, serta tanah dan bangunan 41 meter persegi di Lengkong, Serpong berupa ruko. "Ini sudah diblokir dari kantor BPN di tiga lokasi," ucap Arief di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (4/11).

Selain itu kepolisian pun sudah mengirim surat ke pengembang perumahan terkait lima aset milik Heru supaya aset tidak berpindah tangan. "Kami sedang mengajukan izin penyitaan dari pengadilan negeri, yang didevelover ada lima," ucapnya.

Bukan hanya aset dalam bentuk properti, polisi pun sudah memblokir Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) mobil BMW Z4 atas nama Widyawati yang merupakan istri muda Heru.

"Memang ada dokumen sodara WW (Widyawati) sudah cerai dengan sodara HS (Heru Sulastyono). Yang cerai itu hubungan perkawinan suami isteri, harta tetap kami telusuri, selama itu harta hasil dari kejahatan maka tidak bisa dicerai," ungkap Arief.

Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Sub Direktorat Money Loundering menetapkan seorang pejabat Bea Cukai bernama Heru Sulastyono (HS) sebagai tersangka kasus suap dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Pejabat bea cukai tersebut diduga menerima suap dari seorang komisaris perusahaan PT Tanjung Jati Utama bernama Yusran Arif alias Yusron (YA) dalam bentuk polis asuransi senilai Rp 11,4 miliar dan kendaraan.

Yusran menyuap Heru untuk menghindari audit perusahaan. Heru akan memberitahu Yusran bila bisnisnya akan diaudit kepabean. Untuk itu Yusran melakukan buka tutup perusahaan untuk menghindarinya.

Istri muda Heru Sulastyono alias Heru (HS) diduga menjadi penampung uang suap. Proses suap dibungkus secara rapih untuk mengelabui para penegak hukum dalam menyamarkan uang hasil kejahatan.

Penyuap Yusran Arif alias Yusron (YA) selaku Komisaris PT Tanjung Jati Utama melalui Siti Rosida selaku bagian keuangan perusahaannya memberikan uang kepada Heru dalam bentuk polis asuransi kemudian setelah dicairkan asuransinya, uang ditransfer ke rekening orang lain. Hal tersebut dilakukan agar seolah-olah uang itu bukan dari Yusron.

Yusron memerintahkan Siti Rosida selaku bagian keuangan perusahaan mengirimkan uang ke Heru melalui rekening atas nama Siti Rosida, kemudian ditransfer kepada Anta Widjaya (AW) yang merupakan seorang office boy yang bekerja di perusahaan Yusron. Setelah masuk ke rekening Anta Wijaya, kemudian uang ditransaksikan dalam bentuk polis asuransi dalam atas nama Heru. Dari transaksi itu ada dua polis asuransi yang masing-masing isinya Rp 200 juta.

Kemudian dari rekening BCA lainnya atas nama Siti Rosida mentransfer uang ke rekening istri muda Heru. Uang tersebut kemudian ditransaksikan membeli polis asuransi sebanyak sembilan polis asuransi. Empat polis asuransi ditransaksikan atas nama Heru Sulastyoni dan lima polis asuransi ditransaksikan atas nama Widyawati.

Sebelum polis asuransi itu jatuh tempo dicairkan dalam bentuk uang tunai kemudian ditransfer ke rekening Widyawati di rekening Mandiri.

Dari empat polis asuransi atas nama Heru Sulastyono berisi masing-masing Rp 249 793 500, Rp 1 796 600 000, Rp 500 juta, dan Rp 1 988 500 000. Sementara lima polis asuransi atas nama Widyawati masing-masing berisi Rp 290 juta, Rp 600 juta, Rp 2,4 miliar, Rp 1,6 miliar, dan Rp 1,6 miliar. Totalnya Rp11,4 miliar total dari 11 transaksi.

Heru Sulastyono ditangkap di rumah mantan isterinya yang terletak di Perumahan Sutera Renata Alba Utama Nomor 3 Alam Sutera, Serpong, Tangerang Banten, Selasa (29/10/2013) malam sekitar pukul 01.00 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan penangkapan Yusran di Jalan Aslih RT 11 RW 01 Nomor 49, Ciganjur, Kelurahan Cipedak, Jagakarsa, Jakarta Selatan pada pukul 08.00 WIB. (Tribunnews.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×