kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.357.000 -0,07%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Terkait Pertemuan Megawati dan Jokowi, Begini Respons Jusuf Kalla


Senin, 15 April 2024 / 16:48 WIB
Terkait Pertemuan Megawati dan Jokowi, Begini Respons Jusuf Kalla
ILUSTRASI. Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla memberikan sambutan saat menghadiri acara gerakan masjid bersih 2024 di Masjid Akbar Kemayoran, Jakarta, Rabu (6/3/2024).


Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI, Jusuf Kalla (JK) enggan mengomentari rencana pertemuan Ketua Umum PDI-P sekaligus Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri dan Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Mulanya, wartawan bertanya pada JK apakah antara Presiden Jokowi dan Megawati perlu bertemu. JK kemudian melambaikan tangan sembari masuk perlahan ke kediamannya, di kawasan Brawijaya, Jakarta Selatan. 

Belum sampai masuk ke kediamannya, JK kembali menoleh ke arah wartawan dan menjawab singkat. "Tunggu saja, tunggu saja," ucap Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) ini ditemui di kediamannya, pada Senin (15/4/2024) sore seraya tertawa. 

Baca Juga: Ini Alasan Prabowo-Megawati Belum Bertemu

JK kemudian kembali masuk ke kediamannya dan melambaikan tangan ke arah awak media. 

Pertemuan antara Presiden Jokowi dan Megawati Soekarnoputri disebut menunggu waktu yang tepat. Hal itu diungkapkan Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana melalui keterangan pers, Jumat. 

"Terkait silaturahmi (Presiden Jokowi) dengan Ibu Megawati, sedang dicarikan waktu yang tepat," ujar Ari. 

"Lagi pula ini masih bulan Syawal. Bulan Syawal adalah bulan yang paling tepat untuk mempererat silaturahmi," kata dia. 

Menurut Ari, pada prinsipnya, Presiden Jokowi tak pernah membatasi diri untuk bertemu dengan siapa pun, terutama tokoh bangsa. "Presiden sangat terbuka bersilaturahmi dengan siapa saja, apalagi dengan tokoh-tokoh bangsa," kata dia. 

Baca Juga: Hasto Ungkap Isi Pertemuan Megawati dan Ketua TKN Rosan Roeslani

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristiyanto menyebutkan bahwa Presiden Jokowi tidak bisa langsung bertemu dengan Megawati Soekarnoputri, melainkan bertemu dengan anak ranting terlebih dulu. 

Hal itu merupakan usulan dari anak ranting PDI-P. Ini diungkapkan Hasto setelah ditanya apakah Presiden Jokowi sudah sowan ke Megawati hingga hari ketiga Lebaran 2024. 

"Tapi dalam konteks terkait dengan Pak Jokowi, hanya anak ranting justru mengatakan 'Sebentar dulu, biar bertemu dengan anak ranting dulu," kata Hasto di kediaman Megawati, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (12/4/2024). 

Baca Juga: Prabowo Disebut akan Menjembatani Jokowi dengan PDI-P

Menurut Hasto, usulan dari anak ranting itu masuk akal karena merekalah yang menjadi benteng dari Megawati di PDI-P. 

Maka jika Presiden Jokowi ingin membuka komunikasi harus melalui anak ranting terlebih dulu. "Karena mereka juga jadi benteng bagi Ibu Megawati Soekarnoputri," ujar dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Soal Pertemuan Megawati dan Jokowi, JK: Tunggu Saja..."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×