kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tanpa disadari, hal-hal ini bisa menularkan virua corona


Senin, 29 Maret 2021 / 17:50 WIB
Tanpa disadari, hal-hal ini bisa menularkan virua corona


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan supaya terhindar dari infeksi Virus Corona. Mulai dari menghindari kerumunan, menjaga jarak dengan orang lain, memakai masker, dan rajin cuci tangan menggunakan sabun dan air.

Meski protokol kesehatan itu terlihat mudah untuk dilakukan, tapi masih banyak orang yang mengabaikannya. Akhirnya, penyebaran Virus Corona pun tak bisa Anda hindari. Ada banyak hal hal yang tak disadari masyarakat jadi sumber penularan Covid-19.

Meletakkan sikat gigi di tempat yang sama dengan anggota keluarga yang lain jadi salah satu hal yang tidak Anda sadari jadi sumber penularan Virus Corona. Selain itu, masih banyak hal lain yang perlu Anda hindari supaya tubuh terhindar dari Covid-19.

Toilet Umum

Memakai toilet umum meningkatkan risiko tertular Virus Corona, lo. Anda tidak tahu apakah pengguna toilet umum yang lain terbebas dari Virus Corona atau tidak. Jika ada pasien Covid-19 yang memakai toilet yang sama dengan Anda, risiko tertular penyakit yang sama pun semakin besar.

Jika Anda benar-benar butuh memakai toilet umum, pastikan untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah menggunakan toilet. Jika tidak memungkinkan bagi Anda memakai sabun dan air mengalir, usahakan untuk menjaga kebersihan tangan dengan memakai hand sanitizer.

Baca Juga: WHO: Dampak Covid-19, kian banyak pengidap tuberkulosis (TB) tak menerima perawatan

Uang Kertas

Mengutip dari Eatthis.com, Virus Corona dapat bertahan di plastik atau kertas selama tiga hari. Sedangkan jenis virus itu mampu bertahan di uang koin selama empat jam. Cobalah untuk memakai dompet digital saat Anda ingin membeli sesuatu di supermarket atau restoran.

Mencuci Baju dengan Air Dingin

Tahukah Anda mencuci baju dengan air biasa atau air dingin tak cukup efektif membunuh virus? Cobalah untuk mencuci baju dengan air panas. Selain itu, pastikan untuk langsung mencuci baju kotor yang telah dipakai tanpa harus menumpuknya terlebih dahulu.

Baca Juga: Obat ini bisa digunakan untuk mencegah Covid-19, lo

Transportasi Publik

Transportasi publik bisa jadi salah tempat penyebaran Virus Corona.

Masih banyak orang yang tidak menyadari bahwa menggunakan transportasi publik dapat meningkatkan risiko tertular Virus Corona. Eatthis.com merekomendasikan Anda untuk menghindari transportasi publik. Jika Anda terpaksa menggunakannya, pastikan untuk tidak terlalu banyak memegang benda-benda.

Selanjutnya: Mengapa virus Covid-19 menyebabkan hilangnya rasa? Ini penjelasannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×