kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,55   2,12   0.24%
  • EMAS1.333.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tak Mau Ambil Pusing Soal Survei, Ganjar: Biar Jadi Debat Para Pengamat Saja


Rabu, 27 Desember 2023 / 08:57 WIB
Tak Mau Ambil Pusing Soal Survei, Ganjar: Biar Jadi Debat Para Pengamat Saja
ILUSTRASI. Calon presiden-wakil presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo - Mahfud MD tiba untuk mengikuti debat calon wakil presiden Pemilu 2024 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (22/12/2023). Debat kedua Pemilu 2024 mengangkat tema ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN/APBD, infrastruktur, dan perkotaan. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/rwa.


Reporter: Leni Wandira | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo bicara soal ektabilitasnya bersama Mahfud MD yang menurun di beberapa hasil survei. Ganjar tak menampik bahwa hasil survei kerap dijadikan sebuah acuan.

Namun, ia tegas bahwa kali ini pihaknya akan berfokus bertemu dan menyerap aspirasi masyarakat, sekaligus menyampaikan visi misi pro kerakyatannya. 

"Ah, biasa saja dari dulu kan ada yang turun bahkan saya sebelumnya di nomor 3 sekarang jadi nomor 2," kata Gabjar dalam keterangan resminya, dikutip Rabu (27/12).

Baca Juga: Indonesia Presidential Candidate Prabowo Cements Lead in The Poll

"Jadi ya biarkan itu menjadi debat para pengamat saja. Kalau saya akan turun terus bertemu masyarakat,” sambung mantan gubernur Jawa Tengah tersebut.

Menurutnya, dengan bertemu terus menerus dengan rakyat untuk menyerap aspirasi mereka dapat membuat kontrol tersendiri. Lantas terkait survey, Ganjar sepenuhnya menyerahkan itu kepada publik.

"Kita sudah paham lah soal itu. Maka, kalau kita melihat trend-trend yang, eh, dulu saya pernah mengatakan nanti surveinya akan begini dan akan banyak survei me-launch seperti itu," ujar dia.

Baca Juga: Hitungan Litbang Kompas: Mahfud MD Paling Lama Bicara dalam Debat Cawapres

"emen-temen ngga usah panik, ketemu saja dengan masyarakat terus-menerus karena kita juga punya kontrol sendiri,” pungkasnya.

Terpisah, Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi sebelumya meyakini elektabilitas pasangan Ganjar-Mahfud akan rebound dan membalikan keadaan.

“Kita melihat Ganjar-Mahfud rebound, ya kita yakin rebound maka pada saatnya 14 Februari kita bisa unggul dari pasangan calon yang lain,” kata TGB.

Dalam keterangan tertulisnya, Indikator merilis elektabilitas pasangan Prabowo-Gibran 46,7%, Ganjar-Mahfud 24,5%, Anies-Cak Imin 21 %.  

Survei dilaksanakan pada 23-24 Desember 2023, setelah debat cawapres yang digelar pada Jumat (22/12/2023), terhadap 1.217 responden. 

Baca Juga: Survei CPCS: Elektabilitas Prabowo-Gibran Melambung di Atas 50%

Pemilihan sampel menggunakan metode random digit dialing (265 responden) dan double sampling (952 responden). Margin of error ±2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×