kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat Ya, Ini Janji Manis Prabowo, Anies dan Ganjar Bila Jadi Presiden Kelak


Senin, 13 November 2023 / 15:17 WIB
Catat Ya, Ini Janji Manis Prabowo, Anies dan Ganjar Bila Jadi Presiden Kelak
ILUSTRASI. Demi menarik suara para pemilih, tiga pasangan calon presiden (capres) dan cawapres yang akan berlaga di pilpres 2024 pun menebar aneka janji manis dalam program kampanyenya.


Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 akan digelar 14 Februari tahun depan. Demi menarik suara para pemilih, tiga pasangan calon presiden (capres) dan cawapres yang akan berlaga di pilpres 2024 pun menebar aneka janji manis dalam program kampanyenya.

Ketiganya juga sudah secara resmi mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan melampirkan dokumen visi-misi jika menjabat sebagai Presiden 2024.

Berikut beberapa diantaranya program-program manis yang dijanjikan para capres/cawapres:

Prabowo-Gibran

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka yang didukung Koalisi Indonesia Maju (KIM) dalam programnya antara lain menjanjikan seluruh mineral yang ada di Indonesia akan dikelola di dalam negeri melalui hilirisasi. 

Selain itu, pasangan ini menjanjikan akan menyediakan makan siang gratis kepada anak-anak jika terpilih kelak. Prabowo akan menyediakan anggaran sebesar Rp 400 triliun untuk memastikan program ini berjalan. Program ini, menurut Prabowo, bisa membantu mengatasi masalah stunting hingga kemiskinan. 

Selanjutnya, ada program penyelenggaraan pemeriksaan kesehatan gratis. Dengan target pemberantasan TBC sebanyak 50% pada tahun 2029. 

Baca Juga: Besok, KPU Undi Nomor Urut Capres dan Cawapres Pemilu 2024

Janji populis lain yaitu kenaikan gaji bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) termasuk TNI/Polri dan Pejabat Negara. Kata Prabowo, kenaikan gaji ini untuk mendorong mereka memberikan pelayanan publik yang semakin baik. 

Prabowo juga menjamin rumah murah bagi masyarat yang membutuhkan. Prabowo menargetkan akan membangun atau merenovasi sebanyak 40 rumah per desa/keluragan setiap tahunnya. 

Anies Baswedan-Cak Imin

Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar yang didukung Koalisasi Perubahan berjanji akan fokus memperbaiki keluarga di Indonesia. Beberapa janji manis yang ditawarkan adalah memastikan ketersediaan kebutuhan pokok dan biaya hidup murah di dalam negeri terpenuhi. 

Anies juga berjanji, akan memberikan kepastian pembelian hasil panen dari petani dengan harga yang menguntungkan dan meminimalisir pelaksanaan impor pangan. 

Janji berikutnya adalah kemudahan akses hunian. Anies menjanjikan akan menyediakan hunian layak, dekat pusat kota dengan harga terjangkau bagi semua kalangan termasuk anak muda dan pekerja informal. 

Selanjutnya penciptaan 15 juta lapangan pekerjaan baru diseluruh sektor termasuk sektor hijau. 

Kemudian, memberikan hunian layak bagi veteran, purnawirawan polisi/TNI, pensiuanan PNS hingga mantan atlet nasional serta lansia. 

Ganjar Pranowo- Mahfud MD

Pasangan ini menebar janji untuk menaikkan gaji guru hingga mencapai Rp 30 juta per bulan untuk tenaga pendidik yang sudah memiliki pengalaman mengajar dalam waktu yang lama. Sementara untuk guru baru sekitar Rp 10 juta per bulan. 

Ganjar juga menjanjikan akan memberikan fasilitas pendidikan gratis melalui program wajib belajar 12 tahun gratis.

Ganjar juga memastikan akan memberikan jaminan kesehatan dengan memberikan setidaknya 1 puskesmas dalam 1 desa. Kemudian, penyediaan konsultasi kesehatan mental secara geratis dengan memberikan nomor darurat yang bisa di kontak 24 jam 7 hari dalam seminggu. 

Selain itu, Ganjar juga menjanjikan penyerapan angkatan kerja dengan target 17 juta lapangan kerja baru dimasa pemerintahanya. 

Kemudian, ada janji fasilitasi 10 juta hunian baru untuk masyarakat berpenghasilan rendah pekerja sektor informal termasuk anak muda dengan skema pembiayaan yang murah. 

Baca Juga: Debat Capres Cawapres Pemilu 2024 Akan Digelar 5 Kali, Cek Jadwal Pemilu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×