kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45933,94   -29,79   -3.09%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Susun RUU EBT, Komisi VII gelar focus group discussion dengan IPB


Minggu, 07 Februari 2021 / 08:43 WIB
Susun RUU EBT, Komisi VII gelar focus group discussion dengan IPB
ILUSTRASI. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif (kanan) dan Wakil Ketua Komisi VII DPR Fraksi PAN, Eddy Soeparno


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Komisi VII DPR RI bersama Institut Pertanian Bogor menggelar Forum Group Discussion (FGD) untuk memperkaya dan memperkuat substansi dalam penyusunan Rancangan Undang-Undang (RUU) energi baru dan energi terbarukan (EBT) sebagai payung hukum baru mendorong pemanfaatan energi bersih.

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eddy Soeparno mengatakan, kegiatan ini juga merupakan bagian dari rangkaian Kunjungan Kerja Legislasi Komisi VII DPR RI. 

Menurut Eddy, tantangan utama dalam pengembangan EBT adalah political will dan kebijakan, perlunya badan khusus untuk percepatan EBT, mengurai hambatan investasi, infrastruktur dan teknologi, serta dominasi pasar.

"Untuk mendorong pengembangan EBT pada saat ini maka diperlukan proteksi pasar. Sehingga amat diperlukan payung hukum baru untuk mendorong pemanfaatan EBT yang capaiannya baru 11%”, ujar Eddy, yang juga sebagai Ketua Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi VII DPR RI, sebagaimana dilansir dalam situs resmi Ditjen EBTKE Kementerian ESDM, dikutip Kontan.co.id, Minggu (7/2).

Eddy menambahkan, RUU EBT sudah masuk dalam Prolegnas tahun 2021. Pada 25 Januari 2021 telah selesai disusun naskah akademisnya, audiensi dan dengar pendapat juga telah selesai dilakukan.

Baca Juga: Pengamat: Efektivitas RUU EBT perlu dilihat dahulu sebelum dibentuk badan khusus

Pada Juni 2021 ditargetkan telah selesai dilakukan konsultasi publik untuk menjaring masukan dari pemangku kepentingan. Ditargetkan pada Agustus 2021 akan selesai pembicaraan tingkat I.

Adapun poin-poin penting dalam RUU EBT antara lain:

  • Pelibatan nuklir dalam RUU EBT (telah melalui perdebatan cukup panjang);
  • Perizinan badan usaha, kepastian berinvestasi dengan memperkuat prinsip bankability proyek EBT misalnya dari sisi risk sharing dan penentuan harga;
  • Harga, insentif, dan pendanaan;
  • Penyediaan bahan baku, pengelolaan lingkungan hidup dan keselamatan kerja;
  • Penelitian dan pengembangan;
  • Pembinaan dan pengawasan serta partisipasi masyarakat.

Eddy menegaskan bahwa Komisi VII DPR mengajak semua pihak terutama pemangku kepentingan untuk memberikan masukan sebanyak-banyaknya. "Sehingga RUU EBT yang disusun ini dapat mendekati kesempurnaan dan sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman, serta menjadi UU yang memfasilitasi sektor EBT," ungkapnya.

Tak hanya gelaran diskusi, Tim Legislasi Komisi VII DPR juga melakukan kunjungan ke Surfactant and Bioenergy Research Center (SBRC) IPB untuk meninjau sarana dan hasil-hasil riset yang telah dilakukan SBRC diantaranya yang terkait dengan bioenergi.

Hadir pada kegiatan diskusi serta kunjungan kerja spesifik dan legislasi Komisi VII DPR RI, para anggota komisi seperti Alex Noerdin, Adian Yunus Yusak Napitupulu, Ribka Tjiptaning, Tifatul Sembiring, Andi Yuliani Paris, Dyah Roro Esti Widya Putri, Kardaya Warnika. Juga hadir Rektor IPB, Arif Satria dan Direktur Jenderal EBTKE, Dadan Kusdiana.

Rektor IPB, Arif Satria menyebutkan bahwa naskah akademik adalah hal yang penting sebagai dasar akademik dalam penyusunan regulasi, sehingga dalam penyusunan kebijakan harus berbasis pada sains/riset. 

Produk kebijakan merupakan produk politik, namun harus juga berbasis scientific, sehingga pasal per pasal harus bisa dipertanggungjawabkan secara akademik (science based policy).

Arif menambahkan, IPB memiliki kompetensi dalam pelaksanaan riset yang mendukung pengembangan EBT. Saat ini riset berbasis biomassa, yang sesuai kompetensi IPB, telah banyak dilakukan antara lain biomassa yang berbasis sawit, biodiesel, singkong, makro/mikro alga.

Baca Juga: AESI berharap badan khusus pengelola EBT segera dibentuk

Berdasarkan potensi yang ada, sambungnya, banyak alternatif pengembangan yang bisa digali dari biomassa baik yang terdapat di darat maupun di perairan.

“Roadmap riset untuk mendukung energi terbarukan juga akan terus kami sempurnakan dan terukur sehingga output pada tahun-tahun mendatang sudah dapat dipetakan termasuk kebutuhan biayanya. Selama ini pelaksanaan riset seringkali terputus dan tidak termanfaatkan”, ungkap Arif.

Salah satu riset yang mendukung energi terbarukan adalah riset biomaterial, misalnya pemanfaatan kulit udang sebagai sumber bahan baku pembuatan solar cell. Pemanfaatan biomaterial yang dilakukan IPB juga telah dimanfaatkan pada industri pertahanan misalnya pemanfaatan kulit udang sebagai material pelapis pesawat agar anti radar dan sebagai bahan rompi anti peluru.

Untuk mendorong pemanfaatan EBT yang lebih masif, perlu juga dukungan kebijakan fiskal dan afirmasi secara politik anggaran. EBT pada saat ini memang lebih mahal dari fosil, namun dalam jangka panjang dan seiring dengan menipisnya cadangan sumber daya fosil, maka dapat dihasilkan teknologi EBT yang lebih murah dan efisien dengan riset yang baik.

Selanjutnya: Ini alasan pemerintah mengubah ketentuan daftar positif investasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×