kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Survei SMRC: Deklarasikan Anies Sebagai Capres, Suara Nasdem di Indonesia Timur Turun


Jumat, 07 Oktober 2022 / 11:07 WIB
Survei SMRC: Deklarasikan Anies Sebagai Capres, Suara Nasdem di Indonesia Timur Turun
ILUSTRASI. Partai Nasdem mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden di 2024.


Sumber: Kompas.com | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Partai Nasdem mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden di 2024. Lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) mengungkap temuan terkait suara Partai Nasdem setelah partai yang dipimpin Surya Paloh itu mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) 2024.

Hasilnya, berdasarkan survei, Partai Nasdem kehilangan banyak suara di Indonesia bagian Timur.

"Keputusan Partai Nasdem untuk mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden berdampak menurunnya suara partai ini dari Indonesia Timur. Sementara dukungan pemilih dari Indonesia Barat belum mengalami penguatan berarti," demikian tulis SMRC dalam keterangannya, Jumat (7/10).

Melalui akun YouTube SMRC, Direktur Riset SMRC Deni Irvani memberi paparan mengenai penurunan tajam suara Nasdem di Indonesia bagian Timur. Awalnya, Deni membeberkan bahwa Nasdem selalu memiliki suara yang kuat di luar Jawa, yakni di Indonesia bagian Timur pada Pemilu 2014 dan Pemilu 2019.

Baca Juga: Anies akan Temui AHY, Nasdem Klaim Pembentukan Koalisi Kian Kuat

Dia menyebut, Nasdem lemah di wilayah DKI Jakarta dan Banten.

"Pada 2019 hanya dapat 5,1% suara (di Jakarta dan Banten), tidak jauh berbeda dengan 2014, (yaitu) 5,6%. Kemudian di wilayah Jawa Barat juga wilayah yang lemah bagi Nasdem, bahkan wilayah yang paling lemah dukungan kepada Nasdem, hanya 5% di 2019 dan 4,9% di 2014," ujar Deni.

Deni menyampaikan, dukungan kepada Nasdem di Indonesia bagian Timur dari tahun 2014 ke 2019 naik signifikan, dari 7,5% menjadi 13,2%.

Menurut dia, kenaikan suara Nasdem di Indonesia bagian Timur menjadi kenaikan yang paling tinggi dibandingkan wilayah lain.

Deni mengatakan, dalam setahun terakhir, Nasdem tampak dekat dengan Anies.

Dia menduga Nasdem ingin memperkuat suara di wilayah yang selama ini lemah dengan cara mencalonkan Anies Baswedan sebagai capres.

"Pencalonan Anies oleh Nasdem saya kira diharapkan bisa memperkuat Nasdem di wilayah yang selama ini mereka lemah," kata dia.

Deni pun mencoba melihat tren dukungan terhadap Nasdem untuk Pemilu 2024 dalam satu tahun terakhir. SMRC membagi tren kenaikan suara Nasdem di dua wilayah, yakni di Jawa Barat dan Indonesia bagian timur (wilayah selain Jawa dan Sumatera).

Pada Mei 2021 lalu, ada 10,8% warga di Indonesia bagian Timur yang mendukung Nasdem jika pemilu diadakan saat itu. Satu tahun kemudian, atau lebih tepatnya pada Agustus 2022, suara Nasdem turun tajam di Indonesia bagian timur.

"Kemudian dukungan itu menurun menjadi tinggal hanya 3,9% pada survei terakhir di Agustus 2022," ucap Deni.

Sementara itu, dukungan untuk Nasdem di Jawa Barat yang memiliki sangat banyak pemilih tidak naik signifikan. Sejak Mei 2021 sampai Agustus 2022, suara Nasdem hanya naik dari 0,4% ke 1,7% di wilayah Jawa Barat.

"Jadi, kalau selama ini diharapkan ada kenaikan dukungan yang signifikan dari pemilih di Jabar kepada Nasdem, kita belum melihat indikasi yang kuat itu terjadi pada Nasdem, setidaknya sampai survei di Agustus 2022," kata dia.

"Yang kelihatan lebih jelas adalah merosotnya dukungan dari pemilih di Indonesia bagian Timur kepada Nasdem secara signifikan," ucap Deni.

Pada akhir pemaparan, Manajer Program SMRC Saidiman Ahmad menyampaikan bahwa suara dukungan untuk Nasdem yang diharapkan naik di Jabar tidak meningkat signifikan. Mereka justru kehilangan banyak suara dari pendukung di Indonesia bagian Timur.

"Ini adalah efek dari pencalonan Anies Baswedan oleh Partai Nasdem sebagai capres pada Pemilu 2024," kata Ahmad.

Pada pertengahan Juni 2022, Nasdem menyatakan bahwa mereka menjadikan Anies Baswedan sebagai salah satu bakal calon presiden untuk Pilpres 2024. Selain nama Anies, nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa juga keluar di Rakernas Nasdem.

Kemudian, pada Senin (3/10/2022), Nasdem mempertegas dukungannya terhadap Anies Baswedan. Surya Paloh secara resmi mengumumkan Nasdem mendukung Anies menjadi capres.

Paloh meyakini Anies adalah pilihan terbaik dari tiga nama bakal capres yang muncul pada Juni lalu.

Baca Juga: Pilih Fokus Tuntaskan Jakarta, Anies Baswedan Ogah Bicara soal Cawapres

Penulis : Adhyasta Dirgantara
Editor : Icha Rastika

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "SMRC: Efek Deklarasikan Anies Capres, Suara Nasdem di Indonesia Bagian Timur Turun Tajam".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×