kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Survei Litbang Kompas: Simpatisan Anies Baswedan Paling Militan


Senin, 28 Agustus 2023 / 11:09 WIB
Survei Litbang Kompas: Simpatisan Anies Baswedan Paling Militan
ILUSTRASI. Bakal calon presiden Anies Baswedan menyampaikan pendapatnya dalam acara Anies Baswedan Bicara Kebudayaan: Tentang Kini dan Nanti di Teater Wahyu Sihombing, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Kamis (24/8/2023). Acara yang diselenggarakan oleh Jogja Disability Arts dan Yayasan Urun Daya Kota itu menyajikan diskusi dua arah antara Anies Baswedan dan komunitas dari ragam latar belakang mengenai seni dan kebudayaan di Indonesia berikut perkembangannya ke depan. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/rwa.


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Temuan survei Litbang Kompas menunjukkan militansi simpatisan bakal calon presiden (bacapres) Anies Baswedan tertinggi yakni sebesar 21,4 persen.

Dengan kata lain, tingkat militansi kelompok responden pemilih Anies paling tinggi dibanding dua kontestan lainnya, yakni Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

"Responden pemilih Anies tingkat militansinya 21,4 persen, responden pemilih Prabowo 18,3 persen, dan responden pemilih Ganjar 15,1 persen," tulis Harian Kompas, dikutip Senin (28/8/2023).

Baca Juga: Persaingan Pilpres 2024 Kian Sengit, Elektabilitas Ganjar dan Prabowo Saling Kejar

Adapun temuan ini merupakan jawaban responden dari empat pertanyaan yang diajukan. Keempat pertanyaan itu meliputi, pertama, apakah responden aktif menyebarkan informasi untuk mempengaruhi orang lain agar memilih bacapres pilihannya di media sosial atau dalam hal ini aktivitas sosialisasi.

Kedua, terkait sejauh mana peluang responden atau simpatisan menghadiri acara-acara relawan dari sosok bacapres yang didukungnya.

Ketiga, terkait sejauh mana simpatisan membujuk orang lain untuk memilih sosok bacapres yang didukungnya atau disebut aktivitas advokasi.

Keempat, terkait kesediaan mereka memberikan donasi, baik berbentuk uang atau barang, guna mendukung pemenangan dari bacapres yang didukung.

Dari keempat hal tersebut, temuan Litbang Kompas memperlihatkan bahwa tingkat militansi pemilih Anies paling tinggi pada tiga aspek. Yakni, sosialisasi, advokasi, dan donasi. Sedangkan kelompok pemilih Prabowo lebih unggul di sisi kegiatan pertemuan relawan.

Baca Juga: Tiga Survei Capres, Elektabilitas Ganjar Unggul dari Prabowo dan Anies

Hal yang sama juga tak jauh berbeda dengan kelompok pemilih Ganjar. Dari aspek sosialisasi, pada kelompok pemilih Anies, 24,7 persen mengaku aktif menyebarkan informasi untuk mempengaruhi orang lain agar memilih bacapres pilihannya lewat media sosial.

Angka ini lebih tinggi dibanding kelompok pemilih Prabowo 19,1 persen dan kelompok pemilih Ganjar 15,9 persen.

Sementara dalam aktivitas relawan, responden kelompok pemilih Prabowo lebih menonjol. Sebanyak 25,4 persen atau seperempat bagian pemilih Prabowo mengaku antusias mengikuti acara relawan.

Temuan ini lebih tinggi dibandingkan aktivitas yang sama pada kelompok pemilih Anies 23,2 persen maupun Ganjar 23,2 persen. Sedangkan untuk aktivitas advokasi dan donasi, kelompok responden pemilih Anies jauh lebih banyak yang bersedia melakukannya dibanding pemilih Prabowo dan Ganjar.

Pada kegiatan advokasi misalnya, yakni membujuk orang lain untuk mendukung bacapres yang didukung, 27,7 persen dari kelompok pemilih Anies mengaku aktif melakukannya. Angka ini lebih tinggi dibandingkan aktivitas yang sama dari kelompok pemilih Prabowo 21,8 persen dan Ganjar 15,3 persen.

Baca Juga: Hasil Survei Litbang Kompas, Ganjar Unggul di Jawa, Prabowo Luar Jawa

Pada aspek kegiatan donasi, 9,8 persen dari pemilih Anies bersedia ikut memberikan sumbangan untuk kepentingan kampanye. Sedangkan kesediaan pemilih Ganjar 5,9 persen dan Prabowo 6,9 persen.

Adapun survei ini dilakukan melalui wawancara tatap muka yang digelar Litbang Kompas pada 27 Juli-7 Agustus 2023. Sebanyak 1.364 responden dipilih secara acak di 38 provinsi.

Pada tingkat kepercayaan survei ini 95 persen dan margin of error 2,65 persen. Survei ini sepenuhnya dibiayai oleh Harian Kompas.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Survei Litbang "Kompas": Militansi Simpatisan Anies Baswedan Paling Tinggi"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×