kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hasil Survei Litbang Kompas, Ganjar Unggul di Jawa, Prabowo Luar Jawa


Senin, 21 Agustus 2023 / 09:41 WIB
Hasil Survei Litbang Kompas, Ganjar Unggul di Jawa, Prabowo Luar Jawa
ILUSTRASI. Seorang jurnalis memperhatikan hasil survei LSI mengenai analisis temuan dan survei nasional terbaru bertajuk 'Pertarungan Capres di 4 Isu : Dari IKN Hingga Medsos' di Jakarta, Senin(10/7/2023). Hasil survei tersebut Prabowo unggul di Publik yang setuju pindah ibukota sebesar 39.3 persen, diikuti Ganjar sebesar 37.7 persen dan Anies sebesar 14.0 persen. Hasil Survei Litbang Kompas, Ganjar Unggul di Jawa, Prabowo Luar Jawa.


Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hasil survei Litbang Kompas pada 27 Juli-7 Agustus 2023 menunjukkan, elektabilitas bakal calon presiden (bacapres) PDI-P Ganjar Pranowo unggul di Pulau Jawa. 

"Wilayah Pulau Jawa cenderung masih dikuasai Ganjar dengan dukungan saat ini 39,6% suara pada skema tiga calon, sementara Prabowo 28,8% dan Anies 16,7%," tulis Litbang Kompas dikutip dari Harian Kompas edisi Senin (21/8/2023). 

Berdasarkan survei, Ganjar tercatat menguasai Jawa Tengah dengan persentase paling tinggi, yakni mencapai 62%. 

Baca Juga: Survei Indikator: Elektabilitas Anies Baswedan Terus Turun, Akhir Mei di 18,9%

Gubernur Jawa Tengah itu juga tercatat unggul di Jawa Timur dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Sementara itu, Prabowo menguasai Jawa Barat dan Banten, sedangkan Anies yang merupakan mantan gubernur DKI Jakarta unggul di ibu kota. 

Jika Ganjar menguasai Pulau Jawa, elektabilitas Prabowo cenderung unggul di luar Jawa. "Untuk luar Jawa cenderung dikuasai Prabowo dengan persentase 34,7%, sementara Ganjar 27% dan Anies 22,3%. 

"Suara Prabowo di luar Jawa cenderung naik dari sebelumnya 29,3%," tulis Litbang Kompas.  Di luar Jawa, Prabowo tercatat unggul di Pulau Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi. 

Baca Juga: Survei Populi Center: Elektabilitas Prabowo Subianto Unggul dalam Bursa Capres 2024

Elektabilitas Prabowo mendapat posisi tertinggi di sejumlah provinsi, yakni Sumatra Selatan, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Gorontalo, Nusa Tenggara Barat, Maluku, Papua Selatan, dan Nusa Tenggara. 

Sementara, Ganjar mendapat suara signifikan si provinsi Bali, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Papua Barat Daya, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Timur, dan Papua Tengah. 

Adapun Anies memiliki basis suara yang kuat di Aceh, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua Pegunungan. 

Baca Juga: Pesan Anies Baswedan pada Relawannya: Lawan yang Kita Hadapi Besar

Survei ini dilakukan dengan tatap muka pada 27 Juli-7 Agustus 2023, melibatkan 1.364 responden di 38 provinsi yang tersebar di 331 desa/kelurahan di Indonesia, dengan margin of error +/- 2,65 persen.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Survei Litbang "Kompas": Ganjar Unggul di Jawa, Prabowo Luar Jawa"
Penulis : Ardito Ramadhan
Editor : Dani Prabowo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×