kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Survei Kompas: Publik berharap elit politik bahu membahu atasi dampak pandemi


Senin, 04 Januari 2021 / 09:39 WIB
Survei Kompas: Publik berharap elit politik bahu membahu atasi dampak pandemi
ILUSTRASI. Hasil survei Litbang Kompas mengenai harapan masyarakat terhadap konsolidasi elite politik 2021.


Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Hasil survei Litbang Kompas mengenai harapan masyarakat terhadap konsolidasi elite politik 2021 menunjukkan bahwa 45,1% responden berharap tokoh politik ataupun pemerintah pusat dan daerah bahu membahu dalam mengatasi dampak multidimensi akibat pandemi Covid-19.

Hasil survei juga menunjukkan, sebanyak 27,8% responden berharap tokoh politik ataupun pemerintah pusat dan daerah turun ke daerah untuk berdialog dengan masyarakat.

Lalu, sebanyak 16,5% responden meminta tokoh politik ataupun pemerintah pusat dan daerah menjaga ketenangan dan stabilitas kondisi negara.

Sementara itu, proses konsolidasi juga tertuju bagi kepala daerah yang terpilih pada Pilkada Serentak pada 9 Desember 2020. Sebanyak 51,2% responden menilai kerja sama para tokoh di daerah dalam mengatasi dampak pandemi Covid-19 menjadi tugas utama.

Baca Juga: Survei Kompas, klaster ketenegakerjaan Omnibus Law UU Cipta Kerja lebih disukai

Lalu, 20,6% responden menilai tugas yang juga perlu dilakukan kepala daerah terpilih adalah dalam program pembangunan seperti pembangunan sekolah, jalan dan lain-lainnya.
Kemudian, sebanyak 18% responden menilai kepala daerah harus menata pelayanan publik. Peran kepala daerah terpilih sangat ditunggu masyarakat dalam penanganan Covid-19.

Ide dan gagasannya dibutuhkan untuk menyelesaikan persoalan kesehatan dan dampak pandemi Covid-19 sehingga memberikan dampak pada kehidupan masyarakat.

Survei Litbang Kompas ini dilakukan pada 21-23 Desember 2020. Wawancara dilakukan terhadap 519 responden dari 34 provinsi yang dipilih secara proporsional. Tingkat kepercayaan survei 95% dengan nirpencuplikan penelitian +- 4,30%. (Haryanti Puspa Sari)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mayoritas Publik Harap Elite Politik Bahu Membahu Atasi Dampak Pandemi"
 

Selanjutnya: Sebagian besar masyarakat salah memahami 4 hal ini tentang virus corona

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×