kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45737,15   -5,22   -0.70%
  • EMAS1.016.000 0,20%
  • RD.SAHAM -0.06%
  • RD.CAMPURAN -0.43%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.03%

Sudah ada 2 bakal paslon gubernur serahkan syarat dukungan pilkada ke KPU


Jumat, 21 Februari 2020 / 19:51 WIB
Sudah ada 2 bakal paslon gubernur serahkan syarat dukungan pilkada ke KPU
ILUSTRASI. Penyerahan Data Comma Separated Values (CSV) Syarat Dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan Gubernur dan Wakil Gubernur Pemilihan Tahun 2020 kepada Bawaslu RI

Reporter: Vendi Yhulia Susanto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Komisi Pemilihan Umum (KPU) saat ini tengah mempersiapkan pilkada serentak 2020. Pilkada yang akan berlangsung pada September itu diikuti 270 daerah dengan rincian adalah 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota.

Komisioner KPU Hasyim Asy'ari mengatakan, saat ini pihaknya baru saja menyelesaikan tahapan penyerahan dukungan bagi bakal pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah untuk Pilkada 2020 khususnya untuk bakal calon perseorangan gubernur dan wakil gubernur.

Ia menyebutkan, penyerahan syarat dukungan bakal pasangan calon perseorangan Gubernur dan Wakil Gubernur kepada KPU Provinsi telah berakhir pada tanggal 20 Februari 2020 pukul 24.00 waktu setempat.

Baca Juga: Ini daftar calon kepala daerah yang diusung PDI-P dalam Pilkada 2020

Ada pun ke-9 provinsi yang menggelar pilkada serentak yakni Provinsi Bengkulu, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Jambi, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, dan Sulawesi Tengah.

Berdasarkan UU nomor 10 tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas UU nomor 1 tahun 2015 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti UU nomor 1 tahun 2014 tentang pemilihan gubernur, bupati dan wali kota menjadi UU, menyebutkan terdapat batas minimal dukungan bagi pasangan calon (paslon) yang akan maju dalam Pilkada melalui jalur perseorangan.

KPU menyatakan, dari 9 provinsi yang menyelenggarakan Pilkada Gubernur-Wakil Gubernur, terdapat 4 provinsi yang warganya berminat sebagai bakal paslon gubernur - wakil gubernur. Yakni Provinsi Bengkulu, Kalimantan Utara, Sumatera Barat dan Kepulauan Riau.

Baca Juga: Pilkada serentak 2020, PDIP umumkan paslon jagoannya besok

"Dari 4 provinsi itu, akhirnya sampai batas terakhir penyerahan (dukungan) ada 2 provinsi yang kemudian menyerahkan dukungan kepada KPU provinsi," ujar Hasyim, Jumat (21/2).

Hasyim menyebutkan, kedua pasangan tersebut adalah H. Abdul Hafid Achmad dan H. Makinun Amin, S.H. dengan jumlah dukungan yang diinput ke dalam sistem informasi pencalonan (silon) sebanyak 57.510 orang dan jumlah dukungan yang diserahkan ke KPU Provinsi sebanyak 57.510 orang.

Paslon tersebut status penyerahan dukungannya diterima dan dilanjutkan tahap berikutnya yakni pemeriksaan administrasi.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×