kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Subro, jemaah haji tunanetra yang akhirnya memeluk Ka'bah


Minggu, 28 Juli 2019 / 23:29 WIB
Subro, jemaah haji tunanetra yang akhirnya memeluk Ka'bah


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Namanya Subro, adalah jemaah haji dari Embarkasi JKG-25, asal Serang, Banten yang tahun ini berkesempatan menunaikan rukun Islam kelima. Tak seperti jemaah lainnya, Subro adalah jemaah haji penyandang disabilitas yang tak bisa melihat atau tunanetra.

Meski begitu, hal ini tak mengurangi rasa syukurnya karena telah terpanggil ke Baitullah dan menjadi salah satu orang yang dipilih menjadi tamu Allah.

Dilansir dari laman haji.Kemenag, Minggu (28/7), Subro mengaku butuh perjuangan baginya hingga bisa membuahkan hasil yang manis. Keajaiban-keajaiban seperti tak pernah berhenti menghampirinya. Bahkan hingga menginjakkan kakinya di Kota Makkah.

Sesaat setelah malam tiba di Makkah, Subro bersama rombongan mengikuti umrah wajib pada pagi hari. Dia bisa merasakan betapa padatnya Masjidil Haram ketika itu. Oleh rekannya dia dibimbing saat masuk ke dalam Masjidil Haram.

Baca Juga: Biro Umroh dan Haji bakal diseleksi ketat Sucofindo, September mulai dilakukan

Subro mencium bau wangi yang amat asing, namun membuat tubuhnya merasa ringan dan nyaman. Dia menyadari bahwa ini adalah aroma surga yang dipancarkan oleh Ka’bah.

Subro mengikuti tawaf mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali dalam lautan manusia yang semakin lama semakin padat. Namun, ada hal yang membuatnya merasa takjub ketika tubuhnya seperti ditarik perlahan mendekat menuju pusat pusaran.

Ka’bah seperti magnet yang menarik tubuh Subro untuk mendekat. Hingga Subro merasa takjub ketika tubuhnya bisa memeluk Kakbah.

Padahal, ini musim haji di mana umat dari berbagai penjuru bumi berkumpul di Masjidil Haram. Area tawaf sesak dengan manusia. Mereka bertasbih, berzikir, dan berdoa sepanjang 7 kali putaran tawaf.

Entah tangan siapa yang menarik Subro dalam pusaran manusia bertawaf di Baitullah. Semakin dekat, semakin dekat, sampai tangannya bisa menyentuh dinding Ka’bah.

Baca Juga: Agar tak terulang, pemerintah harus menindak tegas Zain

Subro mengaku ada yang memberinya jalan. Tangan itu terus menarik, seolah mengarahkan tangannya menyentuh dinding Ka’bah.

"Ini Ka’bah cepat pegang. Saya pegang, saya peluk Kakbah. Jadi Alhamdulillah saya dipermudah untuk ibadah apalagi untuk menyentuh Kakbah," kata Subro.




TERBARU

[X]
×