kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sri Mulyani laporkan SPT secara online hari ini, bagaimana kesiapan IT Pajak?


Selasa, 10 Maret 2020 / 08:04 WIB
Sri Mulyani laporkan SPT secara online hari ini, bagaimana kesiapan IT Pajak?
ILUSTRASI. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (kanan) meninjau kegiatan pelaporan surat pemberitahuan tahunan (SPT) pajak penghasilan (PPh) di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Tebet, Jakarta, Jumat (29/3/2019). Kegiatan yang juga dilakukan di KPP Pratama S


Reporter: Syamsul Ashar, Yusuf Imam Santoso | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menurut jadwal hari ini akan menyampaikan laporan Surat Pemberitahuan Pajak Tahunan (SPT) kepada Kantor Pajak. Laporan ini akan ia sampaikan secara online melalui sistem e-filling.

Hingga pekan lalu (4/3) sudah ada sekitar Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat, sudah ada 5 juta wajib pajak yang melaporkan SPT Tahunan-nya. 

Angka ini tumbuh 30% dibandingkan dengan realisasi periode sama tahun lalu yang sebanyak 3,85 juta wajib pajak pelapor SPT Tahunan.

Baca Juga: Setelah Presiden dan Wapres lapor SPT online, Menkeu baru laporkan SPT Selasa (10/3)

Dari jumlah tersebut, catatan Ditjen Pajak Wajib Pajak Orang Pribadi (OP) sebanyak 4,84 juta wajib pajak. Kontribusi terbanyak yakni 2,67 juta SPT Tahunan yang berasal dari orang pribadi yang merupakan pegawai dengan gaji lebih besar atau sama dengan Rp 60 juta per tahun. 

Sedangkan untuk SPT Tahunan WP Badan mencapai 167.000 korporasi yang telah melaporkan.

Baca Juga: DJP sandera penunggak pajak Rp 3,29 miliar di Madiun

Kantor pajak menyadari ada kecenderungan para wajib pajak untuk menyampaikan SPT tahunan mendekati jatuh tempo. Oleh karena itu, kami gencarkan sosialisasi lewat media sosial,” ujar Direktur Pelayanan, Penyuluhan, dan Hubungan Masyarakat Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Hestu Yoga kepada KONTA akhir Februari 2020.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×