kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45862,44   -0,26   -0.03%
  • EMAS918.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.15%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Sri Mulyani harap pemulihan ekonomi bisa terjadi di kuartal III


Minggu, 26 Juli 2020 / 12:20 WIB
Sri Mulyani harap pemulihan ekonomi bisa terjadi di kuartal III
ILUSTRASI. Menteri Keuangan Sri Mulyani berjalan memasuki ruangan untuk mengikuti rapat kerja tertutup dengan Komisi XI DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (6/7/2020). Rapat itu membahas surat menteri keuangan terkait perkembangan skema burden sharing

Reporter: Rahma Anjaeni | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, target pertumbuhan ekonomi di tahun depan yang berkisar antara 4,5% sampai 5,5% akan sangat bergantung pada kinerja aktivitas ekonomi pada kuartal III tahun ini. 

“Sikap kita adalah persiapkan yang terburuk tetapi harapkan yang terbaik. Kami harus mengikhtiarkan untuk mencari dan mencapai skenario-skenario yang lebih optimis, tetapi tetap realistis berdasarkan kondisi yang dihadapi saat ini,” ujar Sri di dalam keterangan tertulis, Minggu (26/7). 

Baca Juga: Sah! skema burden saharing Bank Indonesia dan Kementerian Keuangan mulai dijalankan

Sri mengatakan, beberapa sektor perekonomian di kuartal II sudah mulai menunjukkan tanda-tanda pemulihan. Namun, hal ini perlu dipastikan lebih lanjut berdasarkan data statistik di bulan Juni yang saat ini sedang dalam tahap finalisasi. 

Beberapa sektor yang dimaksud ini adalah seperti konsumsi listrik yang meningkat, sektor makanan dan penerimaan perpajakan yang mulai menunjukkan pembalikan ke arah positif, serta sektor perdagangan eceran mulai membaik. 

Meskipun masih ada beberapa sektor yang menunjukkan pelemahan, tetapi sektor yang mulai membaik tidak sedikit. 

“Kami akan lihat semua indikator ini untuk melakukan asesmen risikonya. Apabila dilihat, indeks kekayaan konsumen kita pada bulan Juni sudah membalik positif, indeks keyakinan konsumen dan indeks ekspektasi kondisi ekonomi juga sudah mulai membalik. Ini memberikan sinyal bahwa masyarakat juga melihat ada harapan,” kata Sri.

Baca Juga: Skema burden sharing Kemenkeu-BI mulai dijalankan pekan depan

Oleh karena itu, pemerintah berharap harapan perbaikan aktivitas ekonomi, khususnya di kuartal III-2020 bisa terwujud melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Seluruh stimulus yang ada di dalam program ini, memiliki tujuan agar masyarakat bisa terbantu dan aktivitas ekonomi bisa perlahan pulih. 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Mastering Virtual Selling: How to win sales remotely Optimasi alur Pembelian hingga pembayaran

[X]
×