kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Setelah diperiksa lebih dari 7 hari, pasien 01 tetap positif terinfeksi corona


Selasa, 10 Maret 2020 / 15:37 WIB
Setelah diperiksa lebih dari 7 hari, pasien 01 tetap positif terinfeksi corona
ILUSTRASI. Petugas medis menyiapkan ruang isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cut Meutia, Aceh Utara, Aceh, Selasa (3/3/2020). RSUD Cut Mutia di Aceh Utara RSU Dr Zainoel Abidin di Banda Aceh merupakan rumah sakit rujukan bagi perawatan pasien terinfeksi virus


Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sudah lebih dari seminggu sejak Senin (2/3) Presiden Joko Widodo mengumumkan dua pasien positif yang terjangkit virus corona (covid-19). Meski begitu, pemeriksaan pasien kasus 01 tak kunjung  menunjukkan hasil negatif covid-19.

"Yang kita tunggu kasus 01, masih positif padahal sudah masuk hari ketujuh. Kalau dilihat dari kondisi fisiknya sudah baik," ujar Juru bicara pemerintah Indonesia untuk penanganan corona covid-19 Achmad Yurianto, Selasa (10/3).

Baca Juga: Libur nasional bertambah, lalu lintas perdagangan sektor tekstil akan terpengaruh

Menurut Achmad, pasien 01 yang belum negatif tersebut pun dipicu kondisi pasien yang tengah tertekan. Pasalnya, identitas kasus 01 sempat tersebar kepada publik.

"Seperti yang saya sampaikan, memang [pasien 01] agak tertekan karena publikasi yang masih menghantui dia. Kalau nanti dia pulang, diterima tetangga atau lingkungan sebagai apa," ujar Achmad.

Achmad mengatakan, pihaknya sudah meminta kepada Direktur Utama RSPI Sulianti Saroso untuk memberikan intervensi secara psikologis kepada pasien 01 sehingga bisa memperbaiki kondisi psikologis pasien.

Baca Juga: China luncurkan satelit navigasi ke luar angkasa walau masih berjibaku perangi corona

Sebelumnya, Achmad mengatakan pasien akan diizinkan pulang bila hasil pemeriksaan menunjukkan hasil yang negatif selama dua kali. Sementara itu, hingga saat ini sudah terdapat 19 kasus covid-19 di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×