kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,55   2,12   0.24%
  • EMAS1.333.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

SBY kunjungi Amien Rais, ada sinyal koalisi?


Minggu, 20 Oktober 2013 / 15:53 WIB
SBY kunjungi Amien Rais, ada sinyal koalisi?
ILUSTRASI. Ganda Putra Bulutangkis Denmark Kim Astrup (Kiri) dan Anders Skaarup Rasmussen (Kanan) bersama Direktur Utama PT Sinarmas Sekuritas, Bernard T N Thien (tengah) dalam acara Siminvest 'Nongki Bareng Kim dan Anders', Minggu (12/6).


Reporter: Asnil Bambani Amri | Editor: Asnil Amri

JAKARTA. Dalam kunjungan kerjanya di Yogyakarta dan sekitarnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyempatkan diri menemui Amien Rais di kediamannya di Jalan Pandeansari Blok 2 No. 5, Condongcatur, Depok, Sleman.

Dalam kunjungan itu, SBY ditemani sejumlah menteri di antaranya Mendikbud M Nuh, Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi, dan Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, Menko Polhu­kam Djoko Su­yanto.

Setelah mendarat di Bandara Adisutjipto, rombongan ke­presidenan pada Kamis (17/10) malam, langsung meluncur ke rumah Amien. Hampir dua jam, pertemuan dilakukan secara ­tertutup.

Heri Budiato, Direktur Political Communication Institute menilai pertemuan SBY dan Amien Rais tersebut sebagai simbol Koalisi Demokrat-PAN 2014.

Alasannya, menurut Pakar Komunikasi Politik ini, kedatangan Presiden SBY ke Kediaman Amien Rais Jumat kemarin di Yogyakarta bukan hanya silaturahmi biasa antara kedua tokoh. Silaturahmi itu tentu memiliki muatan politis yang tinggi.

Karena, imbuh dia, keduanya merupakan tokoh yang paling berpengaruh di partai masing-masing. SBY merupakan ketua umum Partai Demokrat dan Amien Rais adalah pendiri PAN dan tokoh sangat berpengaruh di PAN.

"Saya melihat ini adalah silaturahmi politk dan ini merupakan simbol mesranya hubungan Partai Demokrat dan PAN," ungkap Pakar Komunikasi Politik ini kepada Tribunnews.com, Minggu (20/10).

Dia tegaskan, pertemuan ini bisa saja momentum berlanjutnya koalisi Demokrat dan PAN dalam Pemilu 2014 dan bahkan sinyal koalisi dalam Pilpres.

Seperti diketahui bahwa saat ini partai demokrat sedang menjaring capres melalui konvensi dan PAN berketetapan mencalonkan ketua umumnya Hatta Rajasa yang juga besan Presiden SBY. "Ke depan peluang koalisi Demokrat dan PAN dalam Pilpres paling rasional dan paling mungkin direalisasikan," tuturnya.

Lebih lanjut kata dia, dari anggota partai koalisi yang tergabung dalam setgab saat ini, PAN termasuk partai yang setia mendukung kepemimpinan SBY, jika dibandingkan dengan PKS,  Golkar dan PPP. Karenanya relasi politik yang baik ini, juga ditunjukkan oleh kedua tokoh berpengaruh masing-masing partai ini.

"Nah simbol politik ke arah sana ditunjukkan dalam peristiwa kedatangan SBY ke kediaman Amin Rais di Yogyaakarta," jelasnya.  (Srihandriatmo Malau/Tribunnews) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Accounting Mischief Practical Business Acumen

[X]
×