kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45936,49   -8,95   -0.95%
  • EMAS1.027.000 -0,19%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

RI Diyakini Tak Resesi, Apindo: Pemerintah Tidur Saja Ekonomi Tumbuh 5%


Selasa, 06 Desember 2022 / 04:49 WIB
RI Diyakini Tak Resesi, Apindo: Pemerintah Tidur Saja Ekonomi Tumbuh 5%
ILUSTRASI. Ekonomi Indonesia diyakini mampu tumbuh di kisaran 5% pada 2023. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ekonomi Indonesia diyakini mampu tumbuh di kisaran 5% pada 2023. Bahkan, perekonomian Tanah Air diperkirakan mampu tumbuh hingga 5,65% jika dibarengi upaya keras dari pemerintah untuk mendorong perekonomian. Hal itu ditegaskan oleh Asosiasi Pengusaha Indonesia atau Apindo.

Melansir Kompas.com, Ketua Umum Apindo Hariyadi Sukamdani menjelaskan, dalam perhitungan pelaku usaha ekonomi tahun ini diproyeksi tumbuh di kisaran 5,3%-5,45%. 

Sementara pada 2023 diperkirakan tumbuh pada kisaran 5,15%-5,65%. 

"Range seperti ini (pertumbuhan di 2023) karena kami memandang uncertainty (ketidakpastian) masih sangat tinggi," ujarnya dalam seminar Indef, Senin (5/12/2022). 

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi Indonesia di atas 5% merupakan keniscayaan. Oleh sebab itu, Apindo pun meyakini Indonesia tak masuk resesi di tahun depan, namun mampu tetap tumbuh setidaknya di 5%. 

Baca Juga: Apindo Beri Resep Jaga Pemulihan Ekonomi Indonesia

"Kami yakin di atas 5 itu pasti. Guyonan di Apindo itu, tidur saja 5% sudah di tangan. Tapi kalau pakai kerja keras harusnya lebih baik karena memang ada faktor global yang memang perlu kita antisipasi," jelas dia. 

Maka dalam upaya mendorong ekonomi RI di tengah pelemahan permintaan global adalah dengan memperkuat permintaan dari domestik. 

Dia mengakui, tekanan ekonomi global memang terasa ke ekonomi domestik, namun seiring konsumsi dalam negeri terjaga maka dipastikan ekonomi RI akan tetap mengalami pertumbuhan positif. 

Baca Juga: Perlambatan Ekonomi China Bisa Ganggu Pertumbuhan Ekonomi Tahun Depan

"Tekanan terhadap Indonesia memang cukup besar, tapi poinnya adalah yang jelas Indonesia resesi itu, pasti enggak mungkin. Perkiraan kami di bawah 5% itu enggak mungkin. Pasti kita akan tetap tumbuh positif," pungkas Hariyadi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Yakin RI Tak Resesi, Apindo: Pemerintah Tidur Saja Ekonomi Tumbuh 5 Persen"
Penulis : Yohana Artha Uly
Editor : Akhdi Martin Pratama

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×