kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Resmi! Kapolri Naikkan Pangkat Dankorbrimob Jadi Jenderal Bintang Tiga


Jumat, 10 Juni 2022 / 19:09 WIB
Resmi! Kapolri Naikkan Pangkat Dankorbrimob Jadi Jenderal Bintang Tiga
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo bersama?Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.


Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo akan menaikan pangkat Komandan Brimob (Dankorbrimob) Polri menjadi Komisaris Jenderal (Komjen) atau bintang tiga. 

Hal ini dilakukan merujuk kepada surat keputusan untuk peningkatan struktur Korps Brigade Mobil (Brimob) Polri. 

Adapun Presiden Republik Indonesia Joko Widodo sebelumnya menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) RI Nomor 54 Tahun 2022 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Presiden Nomor 52 Tahun 2010 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Kepolisian Negara RI pada 7 April 2022. 

"Korbrimob pada hari ini akan diresmikan dan dikukuhkan oleh bapak Kapolri, organisasi Brimob yang sebelumnya dipimpin oleh pati bintang dua, sore hari ini secara resmi akan dipimpin oleh pati bintang tiga," kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan di Mako Brimob, Depok, Jumat (10/6/2022). 

Baca Juga: Pendaftaran Calon Bintara Brimob 2022 Sudah Dibuka, Cek Persyaratannya Berikut

Dalam beleid itu, pada bagian lampiran perpres dituliskan bahwa jabatan Dankorbrimob diisi oleh pangkat Komjen. Dalam lampiran yang sama dituliskan bahwa jabatan Dankorbrimob setara dengan eselon IA. 

Dedi menambahkan bahwa nantinya jabatan Wadankorbrimob juga akan diisi dengan pangkat Inspektur Jenderal (Irjen) atau jenderal bintang dua. Ia menyebutkan, Presiden juga sudah merestui penambahan sejumlah jabatan struktutal lain di organisasi tersebut. "

Nanti Wadankornya pati bintang 2, kemudian Danpas-danpasnya dan juga jabatan-jabatan pati lainnya dalam rangka untuk penguatan organisasi Brimob," ucap dia. 

Lebih lanjut, Dedi menjelaskan penguatan organisasi Brimob ini dilakukan karena Brimob berperan penting menjaga keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

Baca Juga: Kapolri sebut kepala korps Brimob bisa dijabat jenderal bintang tiga

"Oleh karenanya bapak presiden merasa perlu untuk Korbrimob dipimpin oleh pati bintang tiga," tegas dia. 




TERBARU

[X]
×