kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.315.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Reshuffle Kabinet, Istana Bantah Menteri Siti Nurbaya Mundur Ikuti Jejak Yasin Limpo


Jumat, 06 Oktober 2023 / 07:56 WIB
Reshuffle Kabinet, Istana Bantah Menteri Siti Nurbaya Mundur Ikuti Jejak Yasin Limpo
ILUSTRASI. Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno membantah kabar bahwa Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup (LHK) Siti Nurbaya Bakar ikut mundur dari Kabinet Presiden Joko Widodo.

Menurut Pratikno, kehadiran Siti Nurbaya ke Kemensetneg pada Kamis (5/10/2023), dalam rangka mengantarkan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menyampaikan surat pengunduran dirinya. "Iya mendampingi, menemani," ujar Pratikno di Gedung Kemensetneg, Jakarta, Kamis sore.

"Enggak (tidak ikut mundur). Enggak ada. Kamu ada-ada aja," lanjutnya menekankan jawaban atas pertanyaan wartawan soal kabar mundurnya Siti.

Baca Juga: Menteri Nasdem Tersandung Korupsi, Surya Paloh: Akan Berpengaruh ke Elektabilitas

Pratikno menambahkan, usai Mentan Syahrul mundur, maka reshuffle atau perombakan kabinet Indonesia Maju kemungkinan segera terjadi. "Ya konsekuensinya gitu. Gitu ya," tuturnya.

Sebagaimana diketahui, Menteri Siti Nurbaya dan Mentan Syahrul merupakan menteri dari Partai Nasdem. Keduanya juga merupakan menteri Nasdem yang tersisa di Kabupaten Indonesia Maju.

Sebelumnya Johnny G Plate, yang juga kader Nasdem, tidak lagi menjadi anggota kabinet karena tersandung kasus korupsi menara base transceiver station (BTS) 4G.

Adapun pantauan Kompas.com, pada Kamis Syahrul datang bersama Siti ketika menyerahkan surat pengunduran dirinya.

Baca Juga: Surya Paloh Koreksi Ucapannya soal akan Membubarkan Nasdem jika Ada Kadernya Korupsi

Keduanya tiba di Kompleks Istana Kepresidenan sekitar pukul 17.20 WIB dan masuk lewat pintu depan Istana Merdeka.

Mereka datang menggunakan mobil Toyota Alphard hitam berpelat nomor B 1298 RFV. Mobil kemudian menuju area Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg).

Syahrul dan Siti yang kompak mengenakan baju batik panjang itu pun lantas keluar dari mobil. Terpantau Syahrul keluar dari pintu sebelah kanan, sementara itu Situ keluar dari pintu sebelah kiri.

Wartawan yang menanti kedatangan Syahrul sejak Kamis siang pun bergegas lebih mendekat ke area Gedung Setneg.

Sekitar pukul 17.48 WIB, Syahrul dan Siti keluar dari lobi Gedung Setneg. Bersama keduanya, tampak Mensesneg Pratikno yang mendampingi. Wartawan langsung berlari menghampiri ketiganya.

Baca Juga: SYL Harap Tak Ada Stigma dan Persepsi Yang Menghakiminya Terlebih Dahulu

Syahrul lalu bersiap memberikan keterangan pers. Selama Syahrul memberikan keterangan pers kepada wartawan Istana Kepresidenan, Siti Nurbaya berada di sisi belakang sebelah kanan. Sementara itu, Mensesneg Pratikno berada di sisi belakang sebelah kiri.

Pratikno tampak menyimak penjelasan Syahrul secara seksama. Sementara itu, Siti Nurbaya lebih banyak menunduk selama Syahrul Yasin Limpo bicara.

Adapun sebelum mendampingi Mentan Syahrul, Siti Nurbaya Bakar terpantau hadir di Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Kamis siang.

Pantauan Kompas.com, Siti hadir di istana sekitar pukul 12.51 WIB dengan naik mobil dinas RI 38. Mobil tersebut langsung menuju depan lobi Gedung Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) yang masih satu kompleks dengan istana.

Siti yang mengenakan baju lengan panjang tampak turun dari mobil dan langsung masuk ke lobi Gedung Kemensetneg. Setelahnya, Siti mengikuti rapat soal program strategis nasional (PSN) yang dipimpin oleh Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan.

Baca Juga: Mentan Syahrul Limpo Mengundurkan Diri, Istana Beri Sinyal Reshuffle Kabinet

Usai rapat, Siti langsung menuju ke Kantor DPP Nasdem di Gondangdia, Jakarta Pusat. Saat di Kantor Nasdem Siti juga ikut mendampingi Mentan Syahrul memberi keterangan pers kepada wartawan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Istana Bantah Menteri LHK Ikut Mundur dari Kabinet Jokowi"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×