kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45944,22   -1,36   -0.14%
  • EMAS999.000 1,52%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Realisasi Subsidi Energi hingga Juli 2022 Mencapai Rp 116,2 Triliun


Rabu, 10 Agustus 2022 / 13:28 WIB
Realisasi Subsidi Energi hingga Juli 2022 Mencapai Rp 116,2 Triliun
ILUSTRASI. Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan, Febrio Kacaribu melaporkan realisasi subsidi energi hingga Juli 2022 telah terserap Rp 116,2 triliun.


Reporter: Siti Masitoh | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melaporkan realisasi subsidi energi hingga Juli 2022 telah terserap Rp 116,2 triliun atau tumbuh 17,5% year on year (yoy).

Sementara itu, pembayaran kompensasi Bahan Bakar Minyak (BBM) dan listrik telah terbayarkan sebesar Rp 104,8 triliun atau tumbuh signifikan hingga 512,7% yoy. 

“Pembayaran subsidi dan kompensasi masih akan terus berjalan hingga akhir tahun,” tutur Kepala BKF Febrio Kacaribu dalam agenda BKF, Senin (8/8).

Baca Juga: Ini Strategi Kemenkeu Cegah Anggaran Subsidi Membengkak

Febrio mengatakan, ke depan pemerintah akan memperbaiki dan mempertajam kebijakan subsidi agar lebih efisien dan terserap oleh masyarakat yang benar-benar membutuhkan. Sebab menurutnya saat ini pemberian subsidi malah juga dinikmati oleh masyarakat mampu.

Misalnya saja LPG 3 kg. Ia mencatat sekitar 80% sekitar 80% LPG 3 kg yang beredar di masyarakat merupakan barang bersubsidi tabung ukuran 3 kilogram atau tabung gas melon. 

Alhasil, LPG 3 kg ini bisa dinikmati oleh semua kalangan termasuk kalangan mampu sehingga menyebabkan distribusinya tidak tepat sasaran.

Saat ini pemerintah telah menggelontorkan dana sebesar Rp 502,4 triliun sebagai upaya menahan harga energi dan menjaga daya beli masyarakat, juga meredam lonjakan inflasi.

“Ini harus kita perbaiki, begitu kita melihat ekonomi membaik dan daya beli pulih, kita akan mendorong subsidi makin tepat sasaran,” imbuhnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×