kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45938,93   0,00   -0.00%
  • EMAS932.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.50%
  • RD.CAMPURAN -0.14%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.06%

Realisasi belanja modal pemerintah baru mencapai 53% hingga Oktober


Senin, 18 November 2019 / 19:22 WIB
Realisasi belanja modal pemerintah baru mencapai 53% hingga Oktober
ILUSTRASI. Anggaran Infrastruktur: Pembangunan Jalan Tol Cinere - Serpong di Kawasan Ciputat, Tangerang Selatan, Senin (19/11).

Reporter: Grace Olivia | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat belanja kementerian dan lembaga (K/L) mencapai Rp 633,5 triliun sampai Oktober 2019. Di sisa dua bulan menuju akhir tahun, serapan belanja modal tercatat sebagai yang paling lambat. 

Kemenkeu, Senin (18/11), melaporkan, realisasi belanja modal baru mencapai Rp 100,8 triliun atau 53,2% dari pagu yang ditetapkan yaitu Rp 189,3 triliun. 

Baca Juga: Realisasi belanja pemerintah pusat hingga Oktober baru 68% dari pagu

Belanja modal masih mengalami kontraksi alias tumbuh negatif (-) 6,1% secara year-on-year (yoy). 

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan, eksekusi belanja modal lebih rendah akibat proses pembebasan lahan yang berjalan lebih lamban sepanjang tahun ini. 

“Juga karena adanya penyelesaian lelang yang lebih rendah dari target atau efisiensi pemanfaatan sisa tender,” kata Menkeu. 

Kendati penyerapan belanja modal lebih lambat, Sri Mulyani memastikan pembangunan di dalam negeri tetap berjalan, di antaranya pembangunan jalan baru yang mencapai 183,4 kilometer (km), pembangunan jalan tol 9,3 km, dan pembangunan jembatan 6,43 km oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) hingga akhir Oktober lalu. 

Baca Juga: Sri Mulyani telah cairkan dana desa Rp 52 triliun hingga Oktober 2019

Direktur Jenderal Anggaran Askolani menyatakan, optimistis penyerapan belanja modal hingga akhir tahun bisa mencapai 90% dari pagunya seperti capaian tahun lalu.

“Sekitar 1%-2% di atas tahun lalu lah (penyerapan). Sebab sebenarnya belanja modal ini tinggal eksekusi, maksudnya hanya dokumentasi dan pelaporan membayar saja. Kegiatan fisiknya sebagian besar sudah jadi dan berjalan,” tutur Askolani, Senin (18/11).

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
UU Kepailitan Tuntas Mendelegasikan Tugas

[X]
×