kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.930.000   0   0,00%
  • USD/IDR 16.230   -112,00   -0,69%
  • IDX 7.214   47,18   0,66%
  • KOMPAS100 1.053   7,20   0,69%
  • LQ45 817   1,53   0,19%
  • ISSI 226   1,45   0,65%
  • IDX30 427   0,84   0,20%
  • IDXHIDIV20 504   -0,63   -0,12%
  • IDX80 118   0,18   0,16%
  • IDXV30 119   -0,23   -0,19%
  • IDXQ30 139   -0,27   -0,20%

Ratusan Miliar untuk Logistik Pemilu


Minggu, 01 Februari 2009 / 19:48 WIB


Reporter: Yohan Rubiyantoro | Editor: Djumyati P.

JAKARTA. Komisi Pemilihan Umum bersama Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) berhasil melakukan penghematan hampir Rp 500 Miliar dari pengadaan logistik Pemilu 2009. Menurut Sekretaris Utama LKPP, Agus Rahardjo, penghematan sangat signifikan dibandingkan pagu yang telah dianggarkan. Ia menyebutkan, dari tender pengadaan 9 paket surat suara, kontrak yang diraih KPU dengan peserta tender sebesar Rp 486 miliar, padahal pagu anggarannya mencapai Rp 931
miliar.

Sementara untuk pengadaan segel, kontrak yang dihasilkan sebesar Rp1,7 miliar dari pagu anggaran yang mencapai Rp 3,2 miliar. Sedangkan untuk pengadaan daftar calon tetap (DCT), dari pagu sebesar Rp 101 miliar, kontrak yang dihasilkan hanya Rp 62 Miliar. Agus menyatakan, angka tersebut masih sementara karena KPU masih menunggu masa sanggah dari peserta tender. "Tanda tangan kontrak baru besok atau Selasa (3/2). Setelah itu baru ada angka definitif," katanya kepada KONTAN, Minggu (1/2)

Sementara Kepala Biro Logistik KPU, Dalail juga menyatakan bahwa KPU telah berhasil melakukan banyak penghematan dari pengadaan surat suara. Namun dirinya tidak menghitung apakah penghematan tersebut mencapai hampir Rp 500 miliar seperti yang diungkapkan oleh LKPP. "Sebagian besar peserta tender memang mengajukan harga penawaran di bawah Harga Perkiraan Sendiri (HPS)," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
AYDA dan Penerapannya, Ketika Debitor Dinyatakan Pailit berdasarkan UU. Kepailitan No.37/2004 Digital Marketing for Business Growth 2025 : Menguasai AI dan Automation dalam Digital Marketing

[X]
×