kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rachmawati meninggal, Megawati kenang masa kecil bersama adiknya di Istana


Sabtu, 03 Juli 2021 / 13:17 WIB
Rachmawati meninggal, Megawati kenang masa kecil bersama adiknya di Istana
ILUSTRASI. Rahmawati Soekarno Putri


Sumber: Kompas.com | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri menyampaikan duka cita yang mendalam atas wafatnya sang adik, Rachmawati Soekarnoputri pada Sabtu (3/7). Hal tersebut disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI-P Hasto Kristiyanto dalam keterangan yang diterima Kompas.com.

"Ibu Megawati Soekarnoputri sangat berduka. Ibu Rachmawati adalah adik beliau yang tumbuh dan sama-sama besar di Istana Negara," kata Hasto.

Ia melanjutkan, Megawati mengenang sosok Rachmawati sebagai seorang adik yang tumbuh bersama di Istana Negara.

Megawati mengenang saat-saat dirinya bersama Rachmawati belajar menari bersama dan juga berjuang meneladani keseluruhan pemikiran dan perjuangan ayahnya, Presiden pertama RI Soekarno. "Semoga husnul khatimah," ucapnya.

Baca Juga: Kabar duka, Rachmawati Soekarnoputri meninggal dunia karena Covid-19

Hasto mengatakan, di tengah kesedihan, Megawati langsung berkomunikasi dengan putra tertua Rachmawati, yaitu Rommy Soekarnoputro. Megawati langsung mengucapkan duka cita kepada Rommy dan memberikan doa terbaik untuk Rachmawati agar dilancarkan jalannya serta diampuni dosa-dosanya.

Presiden ke-5 RI tersebut juga menyampaikan kepada keluarga yang ditinggalkan agar selalu mendapatkan kekuatan. "PDI Perjuangan mengucapkan duka cita yang mendalam. Kami mendoakan Ibu Rachmawati dan Partai memberikan penghormatan terbaik bagi Almarhumah," tutur Hasto.

Hasto mengungkapkan, terkait proses pemakaman Rachmawati Soekarnoputri akan mengikuti ketentuan protokol kesehatan di masa pandemi. "Seluruh ketentuan protokol kesehatan berkaitan dengan pemakaman Almarhumah Ibu Rachmawati Soekarnoputri akan diikuti dengan sebaik-baiknya," kata dia.

Diberitakan sebelumnya, politisi Gerindra Rachmawati Soekarnoputri meninggal dunia pada Sabtu (3/7/2021) sekitar pukul 06.15 WIB. Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad saat dikonfirmasi Kompas.com. "Iya, betul meninggal dunia," ucap Dasco.

Ia mengatakan, Rachmawati meninggal dunia setelah berjuang melawan Covid-19 dan dirawat di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta.

Rachmawati merupakan adik dari Megawati Soekarnoputri. Ia merupakan anak ketiga dari lima bersaudara pasangan Presiden Soekarno dan Fatmawati. Rachmawati diketahui juga menempati jabatan terakhirnya di Gerindra sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra.

Baca Juga: Presiden Jokowi resmikan monumen Fatmawati Sukarno di Bengkulu

Penulis : Nicholas Ryan Aditya
Editor : Diamanty Meiliana

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Megawati Berduka Rachmawati Meninggal, Kenang Masa Kecil Bersama Adiknya di Istana".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×