kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PUPR: Pembangunan rumah khusus relokasi Bendungan Kuningan kelar Juni 2021


Senin, 26 April 2021 / 17:51 WIB
PUPR: Pembangunan rumah khusus relokasi Bendungan Kuningan kelar Juni 2021
ILUSTRASI. Pembangunan perumahan khusus relokasi warga sekitar Bendungan Kuningan, Jawa Barat oleh?Kementerian PUPR.


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Guna mendukung proses relokasi terhadap masyarakat yang sebelumnya bermukim di area genangan Bendungan Kuningan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menyelesaikan pembangunan 419 unit rumah khusus bagi masyarakat di sana.

“Rumah khusus adalah program Kementerian PUPR yang dibangun untuk memenuhi kebutuhan khusus, seperti nelayan, pemukiman kembali korban bencana/pengungsi, guru, tenaga medis dan petugas di daerah perbatasan dan pulau terpencil, termasuk pemukiman kembali masyarakat terdampak program pemerintah,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam siaran pers yang diterima Kontan.co.id, Senin (26/4).

Rumah khusus ini dibangun di atas lahan seluas 9,49 hektare (ha) di Desa Sukarapih, Kecamatan Cibeureum, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Lokasi tersebut tidak jauh dari tempat Bendungan Kuningan dibangun.

Rumah khusus yang dibangun dengan tipe 28 saat ini progres fisiknya telah mencapai 70% dan diharapkan dapat selesai pada Juni 2021.

Direktur Jenderal Perumahan Khalawi Abdul Hamid mengatakan, pihaknya terus mendorong penyelesaian pembangunan rumah khusus bagi masyarakat yang terdampak pembangunan Bendungan Kuningan.

Baca Juga: Kementerian PUPR bangun 6.000 MCK di lembaga pendidikan agama dan pondok pesantren

Pada tahun anggaran 2021 Kementerian PUPR menargetkan untuk membangun 2.631 unit rumah khusus. Target ini meningkat dari tahun anggaran 2020 yakni 1.575 unit rumah khusus.

Rumah Khusus merupakan bagian dari Program Sejuta Rumah yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo pada April 2015 lalu.

Pembangunan rumah khusus tersebut merespon dampak dari upaya Kementerian PUPR dalam mendukung ketahanan air dan pangan nasional. Dimana Kementerian PUPR tengah menyelesaikan beberapa pembangunan bendungan, salah satunya adalah Bendungan Kuningan di Jawa Barat.

Konstruksi Bendungan Kuningan dinyatakan sudah selesai, dan saat ini sedang dilakukan pembersihan lahan yang akan digenangi.

Untuk penggenangan bendungan atau impounding direncanakan pada bulan Juni 2021 mendatang. Oleh karenanya, saat ini sedang dilakukan proses pembersihan lahan (clearing) area genangan.

Selanjutnya: Kementerian PUPR tengah proses finalisasi KPBU proyek jembatan Batam - Bintan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×