kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45780,32   4,77   0.62%
  • EMAS1.023.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.16%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Puan Maharani ajak masyarakat berpartisipasi aktif pada pilkada Desember 2020


Jumat, 14 Agustus 2020 / 13:58 WIB
Puan Maharani ajak masyarakat berpartisipasi aktif pada pilkada Desember 2020
ILUSTRASI. Ketua DPR Puan Maharani dalam sidang Tahunan MPR/DPR dan DPR RI di Gedung DPR, Jumat (14/8)

Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Ketua DPR Puan Maharani mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi aktif dalam penyelenggaraan Pilkada serentak Desember mendatang.

Puan mengingatkan, dalam rangka melanjutkan pembangunan kemajuan daerah, pada bulan Desember 2020 yang akan datang Indonesia kembali akan melaksanakan pesta demokrasi. Yakni menggelar pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah secara serentak di beberapa wilayah.

Baca Juga: Inilah langkah-langkah ekonomi Jokowi untuk mengatasi pandemi corona

Ia menyebut, pesta demokrasi ini merupakan suatu proses politik bangsa Indonesia menuju kehidupan politik yang lebih demokratis, transparan, akuntabel dan bertanggungjawab.

“Kita mengharapkan agar seluruh masyarakat yang akan menjalankan pilkada serentak untuk aktif berpartisipasi demi terpilihnya kepala daerah terbaik yang mampu membangun kemajuan daerahnya,” kata Puan dalam Sidang Tahunan bersama MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI tahun 2020 di Kompleks MPR/DPR, Jumat (14/8).

Puan berharap agar partai politik yang merupakan pilar demokrasi penting bagi sistem demokrasi dan politik nasional, turut berperan aktif dalam memberi teladan bagaimana berpolitik secara demokratis berdasarkan pancasila.

Baca Juga: Hasil 75 tahun Indonesia merdeka: Menjadi negara upper middle country

Seperti diketahui, DPR telah mengesahkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali kota. Pilkada serentak akan diselenggarakan di 270 daerah pada 9 Desember 2020 mendatang. Secara rinci akan dilaksanakan sembilan pemilihan gubernur, 224 pemilihan bupati dan 37 pemilihan walikota.

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×