kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Promosi di China, BKPM temui 10 perusahaan


Jumat, 17 Juni 2016 / 11:59 WIB
Promosi di China, BKPM temui 10 perusahaan


Sumber: Antara | Editor: Adi Wikanto

Jakarta. Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani melakukan pertemuan dengan 10 perusahaan di Shanghai, China, Jumat (17/6). Ke 10 perusahaan yang ditemui itu terdiri dari beberapa sektor yakni farmasi, pembangkit listrik, industri pemanis buatan, otomotif serta perbankan.

"Ini sekarang kami bertemu dengan perusahaan dengan skala-skala besar. Nilai investasinya cukup signifikan," kata Franky dalam siaran pers, Jumat.

Salah satu perusahaan yang diagendakan bertemu adalah perusahaan pembangkit listrik China yang telah memiliki join venture dengan PT Pembangkit Jawa Bali untuk membangun pembangkit listrik berkapasitas 2 x 1.000 MW serta join venture dengan swasta nasional untuk membangun pembangkit listrik berkapasitas 2 x 300 MW.

"Total investasi mereka mencapai US$ 2,7 miliar. Keduanya merupakan proyek penting untuk mendukung program pembangunan pembangkit listrik 35.000 MW," tambahnya.

Franky menjelaskan pertemuan yang dilakukan itu bertujuan untuk menyampaikan perkembangan-perkembangan terkini menganai peraturan maupun potensi investasi di Indonesia. "Contohnya terkait farmasi dengan adanya Perpres Nomor 44 tahun 2016 tentang Daftar Negatif Investasi, di mana regulasi di sektor farmasi lebih terbuka untuk investor," ujarnya.

Menurut Franky, dari regulasi sebelumnya, industri bahan baku farmasi yang maksimal 85% asing, kini terbuka hingga 100% untuk asing. "Dengan lebih terbuka, diharapkan mempermudah investor untuk masuk dan menanamkan modalnya di sektor tersebut," katanya.

Kunjungan ke Shanghai, yang merupakan pusat bisnis China, akan menutup serangkaian pertemuan roadshow yang dilakukan BKPM di tiga kota utama negeri tirai bambu setelah Qingdao dan Hangzhou. Tiga kota itu merupakan bagian dari roadshow pemasaran investasi yang digelar BKPM di 10 provinsi di China.

Negeri tirai bambu merupakan salah satu sumber investasi utama bagi Indonesia dengan realisasi investasi sebesar US$ 2,6 miliar sejak tahun 2010 terutama di sektor infrastruktur, industri logam, mesin, dan elektronik. Sejak 2010, tercatat US$ 52,3 miliar komitmen investasi asal China yang terdaftar di BKPM.

Dari data yang dimiliki oleh BKPM, periode triwulan pertama tahun 2016, realisasi dari China mencapai US$ 464 juta terdiri dari 339 proyek dan menyerap tenaga kerja 10.167 tenaga kerja. Posisi China berada di peringkat keempat setelah Singapura, Jepang dan Hong Kong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×