kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Presiden Jokowi Angkat Bicara Soal Kenaikan Harga BBM


Selasa, 23 Agustus 2022 / 12:26 WIB
Presiden Jokowi Angkat Bicara Soal Kenaikan Harga BBM
Jokowi Angkat Bicara Soal Kenaikan Harga BBM


Sumber: TribunNews.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis pertalite dan solar sulit dihindari. Kepastian kenaikan harga BBM disampaikan Presiden Joko Widodo alias Jokowi.

Sebelum memutuskan apakah akan menaikkan harga BBM atau tidak, Jokowi mengaku telah memerintahkan jajarannya melakukan perhitungan. Pasalnya Jokowi bilang pemerintah harus hati-hati pada keputusan kenaikan harga BBM karena berdampak pada banyak masyarakat.

“Ini menyangkut, ini menyangkut hajat hidup orang banyak jadi semuanya harus diputuskan secara hati hati,” kata Jokowi di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Selasa, (23/8/2022).

Baca Juga: Dampak Kenaikan Harga BBM Besar, Pengamat Sarankan Pemerintah Lakukan Pembatasan

Mengenai rencana kenaikan harga BBM tersebut, Jokowi memerintahkan menterinya melakukan kalkulasi terlebih dahulu. Jangan sampai kenaikan BBM justru menurunkan pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan inflasi.

“Kalkulasi dampaknya. Jangan sampai dampaknya menurunkan daya beli rakyat, menurunkan konsumsi rumah tangganya, kemudian nanti yang harus dihitung juga menaikkan inflasi yang tinggi. Kemudian bisa menurunkan pertumbuhan ekonomi,” kata Presiden.

Oleh karena itu Presiden memerintahkan jajarannya untuk menghitung secara matang sebelum memutuskan menaikkan harga BBM.

Baca Juga: Harga Saham ASII Naik 20% Ytd, Hari Ini (23/8) Saatnya Jual Atau Beli?

“Semuanya saya suruh menghitung betul-menghitung betul, sebelum diputuskan,” pungkasnya.

Sebelumnya Menteri Koordinator Bidang Investasi dan Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengumumkan kepastian kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi, yaitu Pertalite dan Solar pada pekan depan (pekan ini).

Menurut Luhut, saat ini pemerintah tengah menghitung baik dan buruknya dari keputusan penyesuaian harga BBM Pertalite dan Solar tersebut.

Penyesuaian harga BBM memang pasti akan berdampak pada konsumsi masyarakat. Akan tetapi, karena sasaran BBM bersubsidi jenis Pertalite dan Solar tersebut tidak tepat sasaran, anggaran yang dikeluarkan dari kantong APBN itu makin membengkak.

“Minggu depan presiden akan umumkan mengenai apa dan bagaimana kenaikan harga (BBM bersubsidi),” tutur Luhut dalam Kuliah Umum di Universitas Hasanuddin secara virtual, Jumat (19/8/2022).

Baca Juga: Simak Rekomendasi Saham Pilihan dari Sejumlah Analis untuk Hari Ini (23/8)

Luhut mengatakan, Presiden Jokowi sudah mengeluarkan berbagai indikasi untuk memberikan bantalan subsidi BBM untuk menjaga daya beli masyarakat yang kurang mampu.

Namun Presiden mengatakan tidak mungkin subsidi tersebut terus ditambah dan dipertahankan.

Artikel ini telah tayang di Tribun-Medan.com dengan judul Berapa Besaran Harga Kenaikan BBM Pertalite dan Solar, Bocoran Jokowi Perintah Langsung ke Jajaran,

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×