kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Praperadilan, SDA hadirkan mantan penyidik KPK


Rabu, 01 April 2015 / 11:54 WIB
Praperadilan, SDA hadirkan mantan penyidik KPK


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. Pengacara mantan Menteri Agama Suryadharma Ali, Humphrey Djemat mengatakan, ada tiga saksi ahli yang akan dihadirkan dalam sidang praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Pihak Suryadharma juga akan menghadirkan empat saksi fakta.

"Saksi ahli yang akan datangkan ada tiga, hari ini satu dan hari berikutnya dua saksi ahli," kata Humphrey di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (1/4).

Humphrey mengatakan, saksi ahli yang dihadirkan pada hari ini, yakni ahli hukum pidana Chaerul Huda. Namun, ia masih merahasiakan identitas ahli yang akan dihadirkan besok.

"Untuk saksi faktanya juga ada dua yang akan dihadirkan hari ini, dua lainnya besok," ujarnya.

Ia mengatakan, saksi fakta yang akan dihadirkan berasal dari Badan Pusat Statistik dan Badan Pemeriksa Keuangan. Selain itu, dirinya juga akan menghadirkan dua orang mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi sebagai saksi fakta.

Suryadharma diduga melakukan penyalahgunaan wewenang atau perbuatan melawan hukum yang mengakibatkan kerugian negara. Modus penyalahgunaan wewenang dan memperkaya diri sendiri, orang lain, atau korporasi yang diduga dilakukan Suryadharma antara lain dengan memanfaatkan dana setoran awal haji oleh masyarakat untuk membiayai pejabat Kementerian Agama dan keluarganya naik haji. Keluarga yang ikut diongkosi antara lain para istri pejabat Kementerian Agama.

Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan menemukan laporan hasil analisis transaksi mencurigakan yang memperlihatkan bahwa Suryadharma mengajak 33 orang berangkat haji.

KPK juga menduga ada penggelembungan harga terkait dengan katering, pemondokan, dan transportasi jemaah haji. Terkait penyidikan kasus ini, KPK telah memeriksa sejumlah anggota DPR, keluarga Suryadharma, dan politisi PPP yang ikut dalam rombongan haji gratis. (Dani Prabowo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×