kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.533.000   0   0,00%
  • USD/IDR 16.134   66,00   0,41%
  • IDX 7.090   106,44   1,52%
  • KOMPAS100 1.059   18,57   1,79%
  • LQ45 832   15,44   1,89%
  • ISSI 215   2,37   1,12%
  • IDX30 424   8,09   1,94%
  • IDXHIDIV20 511   9,36   1,87%
  • IDX80 121   2,07   1,75%
  • IDXV30 125   0,81   0,65%
  • IDXQ30 142   2,54   1,83%

Prabowo - Gibran Unggul di TikTok, Ini Penjelasannya


Kamis, 08 Februari 2024 / 16:27 WIB
Prabowo - Gibran Unggul di TikTok, Ini Penjelasannya
ILUSTRASI. Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto (kanan) dan Gibran Rakabuming Raka (kiri) menghadiri Debat Kelima Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Minggu (4/2/2024). Debat Kelima Pilpres 2024 yang diikuti tiga pasangan capres-cawapres tersebut bertema kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/aww.


Sumber: Kompas TV | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Prabu Revolusi selaku pengamat media baru memberikan respon terhadap rilis terbaru Puspenpol. Prabu menilai, jangkauan maupun percakapan media sosial Prabowo-Gibran memang benar masih konsisten unggul terutama di TikTok.

“Kalau kita melihat bagaimana data dari udara dalam hal ini jangkauan di social media khususnya TikTok maka Prabowo Gibran itu masih konsisten mendominasi baik dari sisi percakapan ataupun jangkauan di Social Media TikTok,” kata Prabu, Selasa, (06/02/2024).

Prabu juga menilai bahwa hal tersebut dibuktikan dengan mention video Prabowo yang memiliki jangkauan mencapai 22,4 miliar penayangan, begitupula Gibran Rakabuming yang mencapai 12,7 miliar.

Baca Juga: KPU Dilaporkan ke PTUN dan Diminta Diskualifikasi Prabowo-Gibran

“Ini bisa kita lihat dari sisi mention jangkauannya mencapai 22,4 Milyar penayangan sementara Gibran itu 12,7 miliar penayangan, dari sisi mention bisa dikatakan Prabowo itu mengungguli jauh ya dari Anies Baswedan atau Ganjar Pranowo,” lanjutnya.

Pengamat media baru itu juga menjelaskan bahwa TikTok adalah platform media sosial terbesar yang hingga kini mampu memberikan pengaruh terhadap keputusan politik masyarakat.

“Secara data ya kalau kita liat dari beberapa sumber apakah itu berasal dari HotSuite ataupun dari We Are Social yang sama-sama mengatakan bahwa TikTok adalah platform media sosial terbesar saat ini yang memberi pengaruh kepada keputusan politik,” jelasnya.

Prabu juga menjelaskan hasil kajian satu pengamat dengan pengamat lain bisa berbeda karena bisa jadi kata kunci atau keyword yang digunakan juga berbeda ketika menarik data.

Baca Juga: Jusuf Kalla Ingatkan Jokowi untuk Tidak Melakukan Kampanye Terselubung

“Kok berbeda dengan pengamat lain yang mencoba membuat kajian tentang analisa percakapan ataupun interaksi pasca debat di TikTok? Karena bisa saja ada keyword yang berbeda dalam penarikan data. Jadi 'kan etika penarikan data, keyword jadi salah satu parameter yang digunakan untuk bisa data mining,” tutur Prabu.

Prabu menilai, sebuah keyword haruslah setara dan kuat atribusinya. Prabu mencontohkan, bahwa kata ‘Amin’ tidak bisa dijadikan keyword tunggal karena kata tersebut memiliki atribusi atau asosiasi yang begitu luas termasuk ketika berdoa.

“Keyword harus apple to apple harus menggunakan kata yang kuat asosiasinya. Sebagai contoh kata ‘Amin’ itu tidak bisa dijadikan keyword tunggal karena ‘Amin’ asosiasinya luas sekali dan bukan hanya Anies Baswedan dan Cak Imin, tapi juga Amin sebagai Bahasa yang digunakan untuk berdoa,” tandasnya. 

Rilis Puspenpol Terbaru Sebut Prabowo-Gibran Unggul di TikTok

Rilis terbaru dari Pusat Penerangan Politik (Puspenspol) untuk periode 4 Februari 2024 pukul 18.00 WIB hingga 5 Februari 2024 pukul 12.00 WIB, bertepatan dengan pelaksanaan dan pasca debat capres kelima.

Hasil rilis membuktikan Prabowo-Gibran mendominasi percakapan di TikTok dengan jumlah mention yang paling unggul.

Data di atas menunjukkan bahwa Prabowo Subianto mencapai total mention dengan skor 1529 di TikTok, dan positive mention mencapai 34 persen, menempatkannya di urutan teratas.

Baca Juga: Gerindra Ingatkan Putusan MK Bersifat Final dan Mengikat

Skor tersebut dibandingkan dengan Anies Baswedan yang mencatat skor total mention sebanyak 1041 dan positive mention 18 persen, serta Ganjar Pranowo yang berada di posisi terendah dengan total mention 798 dan positive mention 20 persen.

Direktur Strategis Puspenpol Adrian Zakhary mengungkapkan, saat debat dan pasca debat mention terhadap ketiga kandidat memiliki jumlah yang tinggi. Namun, dari ketiganya mention Prabowo adalah yang paling unggul.

“Pada 4-5 Februari 2024, saat debat capres dan pasca debat berlangsung, mention terkait semua paslon menunjukkan angka yang tinggi. Namun, Capres nomor urut 02, Prabowo, terbesar ya, disusul Capres nomor urut 01, Anies, di posisi kedua dan Capres nomor urut 03, Ganjar, di posisi terakhir,” kata Adrian di Jakarta pada Senin, (05/02/2024).

Dalam jumlah postingan dengan konten UGC, Prabowo mendominasi dengan 1.798.500 video di TikTok, jauh mengungguli Ganjar yang hanya mendapatkan 1.335.800 video, dan Anies yang berada di posisi terendah dengan 711.100 video.

“Capres nomor urut 02 Prabowo lagi-lagi unggul di platform TikTok dengan persentase signifikan dari perbandingan total konten UGC, perbandingan views, hingga perbandingan konten TikTok pasca debat Capres kemarin,” tandasnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.tv dengan judul Pengamat Media Baru Prabu Revolusi Jelaskan Alasan Prabowo-Gibran Unggul di TikTok

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective Bedah Tuntas SP2DK dan Pemeriksaan Pajak (Bedah Kasus, Solusi dan Diskusi)

[X]
×