kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Survei Charta Politika: Elektabilitas Prabowo-Gibran Masih Unggul


Senin, 06 November 2023 / 14:59 WIB
Survei Charta Politika: Elektabilitas Prabowo-Gibran Masih Unggul
ILUSTRASI. Survei Charta Politika sebut Prabowo-Gibran Unggul "Head to Head" Lawan Ganjar-Mahfud dan Anies-Muhaimin


Sumber: Kompas.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hasil survei Charta Politika Indonesia pada 26-31 Oktober 2023 menunjukkan elektabilitas pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming unggul jika diadu dengan skema "head to head" dengan dua pasangan calon lainnya.

Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya mengungkapkan, elektabilitas Prabowo-Gibran unggul cukup telak dibandingkan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dalam simulasi dua nama, yakni 50,3 persen berbanding 29 persen.

"(Elektabilitas) Pak Prabowo-Gibran dengan Anies-Cak Imin ada di angka 50 lawan 29, ada selisih sekitar 20 persen," kata Yunarto dalam konferensi pers, Senin (6/11/2023).

Baca Juga: Visi Misi Capres Akan Beri Dampak Bagi Sejumlah Sektor, Ini Rekomendasi dari Analis

Prabowo-Gibran juga tercatat unggul melawan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD meski selisihnya tidak selebar ketika dibandingkan dengan Anies-Muhaimin.

"(Elektabilitas) Prabowo-Gibran dengan Ganjar-Mahfud ada di angka 43,5 persen melawan 40,6 persen, jadi selisih 2,9 persen," kata Yunarto.

Sementara itu, Ganjar-Mahfud tercatat unggul ketimbang Anies-Muhaimin jika keduanya berhadapan, dengan elektabilitas 45,5 persen dan 34,4 persen.

Baca Juga: Isu Dinasti Politik, Jokowi: Yang Menentukan Rakyak, Yang Mencoblos Rakyat

Simulasi tiga pasangan

Adapun elektabilitas Ganjar-Mahfud dan Prabowo-Gibran bersaing ketat dalam simulasi tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden.

"(Elektabilitas) tidak terlalu jauh berbeda, Ganjar-Mahfud ada di angka 36,8 persen, Prabowo Subianto-Gibran di angka 34,7 persen," kata Yunarto.

Selisih 2,1 persen antara Ganjar-Mahfud dan Prabowo-Gibran itu berada sedikit di atas margin of error 2 persen pada survei ini.

Berselisih cukup jauh di bawah keduanya, elektabiltias pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar ada di angka 24,3 persen.

Sisanya, ada 4,3 persen responden yang menjawab tidak tahu atau tidak menjawab.

Adapun survei ini dilaksanakan pada 26-31 Oktober dengan melakukan wawancara kepada 2.400 orang responden dari 38 provinsi se-Indonesia. Survei ini memiliki margin of error +/- 2,0 persen.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengna judul "Survei Charta Politika: Prabowo-Gibran Unggul "Head to Head" Lawan Ganjar-Mahfud dan Anies-Muhaimin"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×