kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PPKM dilonggarkan bertahap, kegiatan sosial ekonomi bakal pulih pada kuartal IV 2021


Selasa, 10 Agustus 2021 / 21:10 WIB
PPKM dilonggarkan bertahap, kegiatan sosial ekonomi bakal pulih pada kuartal IV 2021
ILUSTRASI.


Sumber: Kompas.com | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memperkirakan, kegiatan sosial-ekonomi masyarakat dapat kembali pulih pada kuartal IV tahun 2021 mendatang. Pemerintah sendiri akan menyesuaikan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) secara bertahap dengan syarat masyarakat sudah divaksinasi.

"Seiring dengan pengurangan tekanan pandemi ini, maka kita akan secara bertahap menyesuaikan pembatasan dengan persyaratan masyarakat yang sudah divaksinasi," kata Airlangga dalam acara pidato kebangsaan yang ditayangkan akun YouTube CSIS Indonesia, Selasa (10/8/2021).

"Sehingga kegiatan sosial ekonomi masyarakat bisa pulih kembali diperkirakan di kuartal ke 4 tahun 2021," kata Airlangga.

Baca Juga: Jokowi panglima tertinggi penanganan pandemi, Luhut: Saya komando lapangan

Ketua Umum Partai Golkar itu menuturkan, pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk menangani pandemi Covid-19 serta mengatasi dampak sosial-ekonomi.

Ia mencontohkan, Presiden Joko Widodo telah mengamanatkan agar program vaksinasi nasional terus digenjot dengan target 2 juta suntikan per hari.

Sementara, di sisi ekonomi, pemerintah telah menyalurkan stimulus dan insentif bagi pekerja dan dunia usaha untuk menahan laju perlembatan ekonomi.

Ia mengatakan, pemerintah juga mengambil tindakan non-medis yakni dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk mengantisipasi dan memutus penyebaran Covid-19.

"Pengendalian pandemi secara terintegarasi diharapkan akan mengurangi kasus aktif ke tingkat yang bisa ditolerir dan memberikan ruang kelonggaran tekanan pada fasilitas keesehatan, rumah sakit, oksigen dan obat-obatan," kata Airlangga.

Ia menambahkan, proses pemulihan ekonomi Indonesia pascapandemi merupakan salah satu yang terbaik di Asia berkaca dari angka pertumbuhan ekonomi sebesar 7,07% pada kuartal II tahun 2021.

"Dengan pertumbuhan ekonomi ini, masa depan yang cerah kita rebut kembali," ujar Airlangga.

Baca Juga: Berlaku mulai hari ini, catat beda PPKM Level 4 Jawa-Bali dan luar Jawa-Bali

Penulis : Ardito Ramadhan
Editor : Bayu Galih

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Airlangga Perkirakan Kegiatan Sosial Ekonomi Masyarakat Pulih pada Kuartal IV 2021".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×