kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,29   2,96   0.33%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PPATK siap telusuri rekening 11 calon pimpinan KPK


Senin, 15 September 2014 / 21:10 WIB
PPATK siap telusuri rekening 11 calon pimpinan KPK
ILUSTRASI. Harga nikel di LME berada di level tertinggi harga nikel dalam dua minggu terakhir


Reporter: Adinda Ade Mustami | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. Wakil Ketua Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Agus Santoso mengatakan, hingga kini pihaknya belum menerima permintaan dari Panitia Seleksi (Pansel) calon pimpinan KPK untuk menelusuri transaksi-transaksi keuangan 11 peserta calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kendati demikian kata Agus, pihaknya mengaku siap membantu Pansel terkait hal tersebut.

"PPATK selalu membantu permintaan Pansel atau Kementerian atau Lembaga dalam proses seleksi seperti dalam seleksi calon Dewan Gubernur BI, Calon Komisioner OJK, Calon Hakim Agung, ataupun dlm proses seleksi Calon Eselon I atau Eselon II Strategis," katanya, Senin (15/9)

Lebih lanjut menurut Agus, nantinya apabila ditemukan adanya transaksi mencurigakan, yakni transaksi-transaksi tunai berjumlah lebih dari Rp 500 juta, PPATK akan memberikan catatan untuk digunakan sebagai bahan pertimbangan bagi Pansel.

"Dalam pengalaman kami, ada orang yang telah diberi catatan oleh PPATK, namun tetap diberi jabatan strategis. Maka maka orang tersebut tersangkut masalah hukum," tambah Agus.

Agus juga mengatakan, untuk bisa menelusuri rekam jejak transaksi keuangan para peserta seleksi calon pimpinan KPK tersebut, pihaknya meminta diberikan waktu yang cukup. "Kiranya PPATK bisa diberi waktu yang cukup, misalnya dua minggu," tuturnya.

Sebelumnya, Pansel calon pimpinan KPK akhirnya meloloskan 11 peserta dari 59 peserta yang mengikuti tahap seleksi pembuatan makalah. Selanjutnya, 11 peserta tersebut akan mengikuti tahapan seleksi berikutnya belupa profile assesment pada 18 September 2014 mendatang.

Profil assesment yang dimaksud yakni tes psikologi yang dilakukan oleh lembaga independen untuk mengetahui kapasitas kepemimpinan para peserta calon pimpinan KPK tersebut. Selain itu, Pansel juga akan menelisik rekam jejak para peserta dengan mengandeng pihak lainnya mulai dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), intelijen, hingga PPATK.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×