kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pimpin ICSB Global, ini pesan Hermawan Kartajaya kepada UKM dalam menghadapi pandemi


Minggu, 18 Juli 2021 / 15:31 WIB
Pimpin ICSB Global, ini pesan Hermawan Kartajaya kepada UKM dalam menghadapi pandemi


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Sandy Baskoro

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hermawan Kartajaya resmi terpilih sebagai Incoming Chair dari The International Council for Small Business (ICSB) Global, menggantikan Winslow Sargeant untuk periode 2021-2022. Hermawan sebelumnya aktif di ICSB Global sebagai Board Member dan merupakan Co-Founder ICSB Indonesia bersama A.A.G.N. Puspayoga.

International Council for Small Business (ICSB) merupakan organisasi nonprofit global dengan jaringan di berbagai negara yang memiliki misi untuk mempromosikan pertumbuhan dan perkembangan usaha kecil di seluruh dunia. ICSB Global berdiri sejak tahun 1955.

Baca Juga: Luncurkan program baru, Blibli dorong transformasi digital UMKM

Sementara itu, ICSB Indonesia bergabung secara aktif dengan jaringan ICSB global sejak tahun 2015 atas prakarsa dari A.A.G.N. Puspayoga dan Hermawan Kartajaya. Dalam hal usaha kecil, Hermawan juga merupakan Founder serta Chairman dari Asia Council for Small Business (ACSB).

Dalam kesiapannya untuk mengemban tugas tersebut, Hermawan memberikan kiat-kiat khusus bagi para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia dalam menghadapi gelombang pandemi saat ini.

Pertama, pendiri MarkPlus Inc tersebut berpesan kepada para pelaku UKM untuk menjaga semangat kewirausahaan (entrepreneurship). "Penting untuk dilakukan agar tidak patah semangat di tengah jalan, namun bekali juga diri Anda dengan ilmu-ilmu pemasaran sehingga strategi yang diambil di masa sulit ini bisa lebih tepat sasaran," ungkap Hermawan dalam keterangan tertulis yang dikutip Kontan.co.id, Minggu (18/7).

Baca Juga: KemenkopUKM tetapkan strategi transformasi wujudkan koperasi modern

Kedua, terus meningkatkan kreativitas untuk menggali ide-ide baru dan melakukan inovasi untuk mengubahnya menjadi solusi yang pas dengan kebutuhan masyarakat saat ini.

Ketiga, melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak (pelaku UKM lain, komunitas, perusahaan besar, kampus dan juga pemerintah) agar bisa mendapatkan alternatif jalan keluar dari krisis yang dihadapi.

Dengan resmi menjadi Incoming Chair ICSB Global tahun ini, maka pada bulan Juli tahun 2022 nanti Hermawan akan kembali dilantik menjadi Chair dari ICSB Global.

Indonesia akan menjadi tuan rumah bagi ICSB World Congress pada tahun 2023 yang rencananya akan diselenggarakan di Bali. Momen ini diharapkan bisa mempercepat pemulihan sektor pariwisata di Pulau Dewata.

Selanjutnya: Program PEN jadi tumpuan UMKM di tengah gelombang baru Covid-19

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×