CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.031,93   22,42   2.22%
  • EMAS986.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.57%
  • RD.CAMPURAN -0.12%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.11%

Pengumuman hasil SKD CPNS 2021 Kemenkumham ditunda, sampai kapan?


Jumat, 19 November 2021 / 06:18 WIB
Pengumuman hasil SKD CPNS 2021 Kemenkumham ditunda, sampai kapan?
ILUSTRASI. Pengumuman hasil SKD CPNS 2021 Kemenkumham ditunda, sampai kapan?


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Sabar menanti pengumuman hasil seleksi kompetensi dasar (SKD) bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Pasalnya, Kemenkumham menunda pengumuman hasil SKD CPNS 2021 ditunda.

Pengumuman hasil SKD CPNS 2021 Kemenkumham memang banyak ditunggu masyarakat. Pasalnya, Kemenkumham termasuk instansi pemerintah yang membuka banyak formasi dalam seleksi CPNS 2021.

Disisi lain, hampir semua instansi pemerintah pusat, baik kementerian dan lembaga negara telah menyampaikan pengumuman hasil SKD CPNS 2021. Pengumuman hasil SKD CPNS 2021 bisa dilihat di situs SSCASN di link sscasn.bkn.go.id.

Penundanaan pengumuman hasil SKD CPNS 2021 Kemenkumham tertuang dalam surat bernomor SEK.2.KP.02.01-75 yang ditandatangani Sekretaris Jenderal Kepala Biro Kepegawaian Sutrisno. "Dengan ini disampaikan terdapat 14 peserta yang dinyatakan diskualifikasi sehingga perlu dilakukan pembaruan lampiran pengumuman hasil SKD CPNS Kemenkumham dan menunggu ditandatangani oleh Plt. Kepala Badan Kepegawaian Negara," demikian alasan penundaan pengumuman hasil SKD CPNS 2021 Kemenkumham.

Kepala Bagian Humas Kemenkumham Tubagus Erif Faturahman mengatakan, pengumuman hasil SKD CPNS 2021 Kemenkumham sedianya dikeluarkan pada 13-14 November 2021. Namun, dikarenakan Badan Kepegawaian Negara (BKN) mencium indikasi tindakan kecurangan yang dilakukan oleh beberapa peserta seleksi, maka BKN melakukan penyelidikan.

Baca juga: Lolos SKD, begini cara cetak kartu ujian SKB CPNS 2021

"Hasilnya, berdasarkan pemeriksaan dan forensik terhadap komputer yang digunakan para peserta, BKN mendapatkan bukti ada 14 peserta seleksi CPNS Kemenkumham yang melakukan kecurangan," ujar Erif kepada Kompas.com, Kamis (18/11/2021).

Kepastian soal pengumuman hasil SKD CPNS Kemenkumham

Berdasarkan bukti tersebut, lanjut Erif, BKN kemudian menarik kembali dan merevisi pengumuman hasil SKD CPNS 2021 Kemenkumham yang sedianya akan diumumkan. "Ke 14 orang yang terbukti melakukan kecurangan akan didiskualifikasi. Pengumuman akan segera kami keluarkan setelah BKN melakukan revisi," ucap Erif.

Terkait peristiwa ini, pihaknya sangat mendukung tindakan dan kebijakan BKN. Hal tersebut dikarenakan Kemenkumham berkomitmen untuk menyelenggarakan proses seleksi dan rekrutmen secara fair dan terbuka. "Tujuannya adalah agar CPNS yang lolos seleksi akhir adalah benar-benar kader yang berkualitas, jujur dan berakhlak," tandas Erif.

Cara cek pengumuman hasil SKD CPNS 2021

Sebagai laman utama penyelenggaraan rekrutmen CPNS 2021, SSCASN memiliki fitur untuk mengecek hasil SKD. Hasil SKD dan seleksi kompetensi dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat.

Ini cara cek pengumuman hasil SKD CPNS 2021:

  • Buka laman https://sscasn.bkn.go.id/ Pilih menu "Layanan Informasi"
  • Klik "Hasil SKD CPNS" atau "Hasil Seleksi PPPK"
  • Halaman informasi hasil SKD CPNS dan seleksi kompetensi PPPK non-guru otomatis akan ditampilkan oleh sistem
  • Cari instansi yang dilamar pada kolom "Search" Klik "Pengumuman" pada pilihan instansi yang dilamar.

Selain itu, cara cek pengumuman hasil SKD CPNS 2021 juga bisa dilakukan melalui akun peserta dengan langkah sebagai berikut:

  • Buka laman SSCASN di https://sscasn.bkn.go.id
  • Pada menu bar, pilih "Login"
  • Login akun pendaftaran SSCASN menggunakan NIK dan password peserta seleksi
  • Informasi hasil SKD CPNS dan seleksi kompetensi PPPK non-guru akan tampil pada layar secara otomatis yang dilakukan oleh sistem.

Itulah informasi terbaru tentang penunaan pengumuman hasil SKD CPNS 2021 Kemenkumham. Sabar menunggu ya!

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pengumuman Hasil SKD CPNS 2021 Kemenkumham Ditunda, Ini Alasannya",


Penulis : Dandy Bayu Bramasta
Editor : Sari Hardiyanto

 

Selanjutnya: Jangan lupa, ini hari terakhir pemilihan formasi P3K Guru 2021, cek sscasn.bkn.go.id

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×