kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Penetapan operator kereta cepat harus segera dilakukan


Selasa, 01 Oktober 2019 / 20:29 WIB
Penetapan operator kereta cepat harus segera dilakukan
ILUSTRASI. PROYEK KERETA CEPAT JAKARTA BANDUNG

Reporter: Abdul Basith | Editor: Yoyok

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penetapan operator kereta cepat yang melintas dari Jakarta hingga Bandung harus segera dilakukan. Hal itu akan berkaitan dengan kesiapan operasional kereta cepat pertama di Indonesia. Penunjukan operator lebih cepat akan memberikan waktu untuk pelatihan.

"Mulai sekarang dipersiapkan dan ditetapkan operatornya, sehingga punya waktu mempersiapkan masinis dan tenaga lainnya," ujar Wakil Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Djoko Setijowarno saat dihubungi Kontan.co.id, Selasa (1/10).

Pasalnya operasional kereta cepat memiliki perbedaan dengan kereta biasa. Oleh karena itu operator perlu memiliki pengalaman dalam penyelenggaraan jasa perkeretaapian.

Baca Juga: Enam pengembang besar siap membangun kawasan timur Jakarta melalui asetnya

Salah satu yang dapat didorong menjadi operator adalah PT Kereta Api Indonesia (KAI). Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu telah memiliki pengalaman. "Secara manajemen PT KAI sudah punya pengalaman dan layannya sudah bagus," terang Djoko.

Selain persiapan operator, Kementerian Perhubungan (Kemhub) juga perlu segera menetapkan standar keselamatan. Perbedaan kereta ini akan memerlukan sertifikasi baru.

Baca Juga: Kementerian PUPR selesaikan pembangunan rusunawa sekolah guru di Manokwari




TERBARU

×